Les Bahasa Inggris di English First

Sejak Agustus 2012 saya ikut kursus “Business English” di English First (EF) Karawaci-Tangerang. Motivasinya simple, saya ingin bisa bicara bahasa Inggris dengan lancar. Memang sih, hampir setiap hari di kantor selalu nulis email dalam bahasa Inggris, saya juga biasa membaca buku-buku (books), koran (news paper), dan majalah (magazine) dalam bahasa Inggis. Tapi kenapa kok kemampuan listening dan conversation bahasa Inggrisku tidak sebagus nulis dan baca dalam bahasa Inggris, ya? Pertanyaan ini tidak usah susah-susah dicari jawabannya, langsung aja cari solusinya dengan les bahasa Inggris :)

Tahun 2008 lalu waktu saya punya atasan seorang expat dari London, setiap meeting saya selalu gelagapan. Banyak kata-katanya yang saya kurang jelas ngertiinnya. Sebenarnya kalau ditulis, saya mengerti semua. Tapi kalau diucapkan, saya banyak gak ngertinya. Untunglah belio bisa ngertiin saya, sehingga kalau saya manggut-manggut dengan raut muka tidak meyakinkan, belio hanya tersenyum kecil tanda maklum.  Selain kemampuan listening yang jelek, kemampuan conversation saya juga jelek. Kalau saya ngomong, belio tertegun sejenak sambil berpikir, sepertinya sedang berusaha mengerti  yang saya omongkan. Namun lama-lama tampaknya komunikasi kami semakin lancar. Hingga akhirnya setelah sebulan kami sering ketemu dan bicara, beliau bilang gini “Rohmad, finally you understand me.” He…he… ngledek banget ya :) Sayapun bilang gini, “Now you understand me as well, Pak :)

Sampai sekarangpun, kemampuan bicara bahasa Inggris saya hanya sekedarnya saja, sekedar bisa ngomong dan sekedar ngertiin omongan lawan bicara. Pronunciation dan logat bicara masih berantakan, terlalu medhok Jawanya :) Paling tidak, saya mengerti kekurangan saya sehingga punya niat untuk meningkatkannya. Begitu ceritanya :)

Saya memilih EF, karena pengajarnya native speaker, orang bule yang di negara sononya sehari-harinya bicara pakai bahasa Inggris. Selain itu, EF memang dikenal sebagai lembaga kursus bahasa Inggris yang paling bagus, bahkan di seluruh dunia. Gimana biayanya. Sebagai gambaran saja, biaya 1 term kursus (seminggu 3 jam pelajaran selama 3 bulan) sekitar 2 juta-an. Harga segitu  apakah termasuk mahal atau murah? Saya sendiri tidak begitu tahu ya, karena tidak terlalu membandingkan dengan lembaga pendidikan bahasa Inggris yang lainnya. Pokoknya saya memegang prinsip ini “Jer Basuki Mawa Bea” yang artinya kalau mau mendapat/menjadi yang baik ya harus mau mengeluarkan biaya :)

Sistem pengajarannya lumayan bagus. Fokus kompetensi yang diutamakan adalah kemampunan conversation, sehingga siswa di-encourage untuk berani ngomong dan menyampaikan gagasan.

Segini dulu ceritanya. Nanti kapan-kapan kalau sempat akan  saya lanjut lagi ceritanya. In summary, EF sangat recommended sebagai tempat belajar untuk meningkatkan kemampunan bicara dalam bahasa Inggris.

 

Silahkan baca yang ini juga:

This entry was posted in Bahasa Inggris, Pendidikan, Tips Karir and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

11 Responses to Les Bahasa Inggris di English First

  1. Anonim says:

    Bravo buat pak rohmad, usia ternyata ga menghalangi pak rohmad buat tetap les bahasa inggirs :) ,,, sukses selalu buat pak rohmad. salam

  2. Holger says:

    Sama….saya juga mengalami hal yang sama. Untuk urusan listening…..jelek banget deh. Practice makes perfect. Harus sering-sering mengobrol bahasa inggris dengan native speaker atau dengar audiobook atau bisa juga nonton film tanpa subtitle dalam bahasa apa pun.

  3. ibnu says:

    Lha meh padha karo aku, bedane Pak Rohmad wis lancar, aku isih gagap. Matur nuwun tipsnya.

  4. yud bach says:

    itu harga di EF mana bro, katanya tiap2 cabang EF beda harganya, gw juga pengen kursus juga…jam kursusnya bisa disesuaikan ngga.

  5. Spencer says:

    Saya baru saja gabung dengan EF sudah sekitar 1,5 bln. Kesan saya mmg EF beda,,,, keren, cool, nyaman

  6. feren says:

    Saya ingin belajar bahasa inggris dengan cpt bisa dihafal

  7. Indah says:

    Moon informs lebih lanjut. Apakah bisa private???

  8. selvi says:

    Pak rohmad, sy lg hunting kursus bhs inggris, tertarik sm ef n kelt yg sama2 pake native speaker. Bapak ambil program apa dan sampai brp lama bisa lancar bgs inggris? Tks buat infonya (tlg dienail jg ya pak :) )

  9. My pal advised I might like this weblog. He ended up being totally suitable. This post really designed my personal day. You can’t consider the way in which a whole lot time period I’d expended with this data! Thanks a lot!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>