Komunitas Bicara Gagap

Β© John Takai| Dreamstime Stock Photos
Banyak orang yang bicaranya gagap. Dan banyak orang yang bicaranya cepat sehingga kata-katanya tidak jelas. Saya kedua-duanya πŸ™‚ . Jadi, kawan-kawan tidak perlu merasa sendirian, saya senasib dengan kalian, dan bersama-sama mari kita atasi (atau berdamai dengan) kekurangan ini.

Ayuks, kita berkumpul, sharing, diskusi, dan saling membantu antara kita-kita yang bicaranya gagap atau bicara terlalu cepat. Kita bisa adakan copy darat rutin, tempat sesuai usulan teman-teman. Saat ini domisili saya di Jakarta dan Tangerang, bila bersedia silahkan merapat ke tempat saya dulu. SilahkanΒ  gabung ke Komunitas Bicara Gagap di Facebook.

Sebagai bahan obrolan awal, saya share tulisan-tulisan berikut ini:

  1. Mengatasi Kebiasaan Bicara Gagap.
  2. Tips Menyembukan Gagap
  3. Merekam Suara, Teknik Mengatasi Gagap dan Bicara Cepat

27 Responses to Komunitas Bicara Gagap

  1. Gagap_sax says:

    Salam sejahtera kawan-kawan senasib gagap yang sudah sembuh, tapi kadang-kadang suka angot bin kumat karena gak 100% sembuh total,,,

    “sama lah” kek penyakit bencong yang punya anak istri tapi masih kebawa sedikit gaya feminimnya πŸ˜€

    • Rohmad says:

      Sama bro, gagapku juga tidak sembuh 100%. Kadang2 kalo cuaca panas, atau lagi di keramaian, suaraku serasa berat sekali. Tampaknya gagap itu ada hubungannya dengan fisiologis tubuh.

      • RIZA says:

        iya gan anda sama kayak saya :’) aku pengen sedikit konsultasi atau saling curhat . bagaimana anda mengatasi masalah gagap tersebut dan sebalik nya . No hape saya gan 085735149846

    • RIZA says:

      Perkenalkan nama saya Muhammad Riza Saifullah biasa dipanggil Riza, saya mengalami masalah seperti anda yaitu kegagapan Alhamdulillah seiring berangsur waktu demi waktu penyakit saya tersebut hilang dan sekarang saya menjadi orang sukses . Oh ya saya punya tips cara mengatasi penyakit tersebut insyaallah sembuh dan saya ingin berbagi kisah dengan anda tapi melalui SMS aja ya πŸ˜€ Pasti saya balas :D. No hape saya 085735149846 . Terimakasih

  2. Ivan says:

    Saya ingat waktu sy msh SMP dulu, waktu pulang sekolah….lagi naik angkutan umum sy mau bilang “kiri” untuk berhenti depan rumah malah bilang “kikikikikikikiriiiiii….” yah jadi kejauhan deh turunnya, skrng sy msh berjuang untuk mengurangi gagap sy, Iye setuju, gagap ga bisa disembuhin seratus persen,….satu2nya jln, ya harus menerima kenyataan bahwa diri qta adalah orng yg gagap…..setiap mau ngobrol dengan orng asing pasti gagap sy kambuh makannya sy selalu bilang terlebih dahulu bahwa sy orng yg gagap….dan biasanya itu membuat sy lebih nyaman dan mengurangi rasa takut gagap sy saat berbicara….

    • Rohmad says:

      Mas Ivan, sama persis dengan yang saya alami. Kalau naik angkot, saya sulit bilang “Kiri”. Makanya, sambil bilang kiri, saya ngetuk-ngetuk kaca atau bagian plafon :).

      • Jazz says:

        Kalau saya duduk dekat sopir, kalau nggak di depan di belakang sopir, kalau udah terlanjur naik dan duduk di paling belakang atau tidak dekat sopir harus rela kalau kelewatan dari tujuan sampe beberapa kilo.

    • ariel says:

      betul sekali kawan,,,, cari solusi biar bisa hilang… gimana yaaahh????… saya juga sama…. tersiksa sekali…

    • Jazz says:

      Selain dari naik angkot ane juga ada masalah kalau sebutin nama, paling malas kalau mesti perkenalkan diri, kadang sya pernah palsukan nama sya dengan nama yang gampang sya ucapkan hahaha.

    • RIZA says:

      Perkenalkan nama saya Muhammad Riza Saifullah biasa dipanggil Riza, saya mengalami masalah seperti anda yaitu kegagapan Alhamdulillah seiring berangsur waktu demi waktu penyakit saya tersebut hilang dan sekarang saya menjadi orang sukses . Oh ya saya punya tips cara mengatasi penyakit tersebut insyaallah sembuh dan saya ingin berbagi kisah dengan anda tapi melalui SMS aja ya πŸ˜€ Pasti saya balas :D. No hape saya 085735149846 . Terimakasih!

  3. Tata says:

    Sama seperti yang saya alami.. Sedih banget jadi orang gagap

    • Jazz says:

      Sama, sangat menghambat kehidupan apalagi di jaman sekarang komunikasi itu bisa dibilang nomor 1. Kalau komunikasi bagus pasti ada saja jalan untuk hidup lebih baik, nah kalau gagap? buyar dah semuanya, susah buat nikmati hidup.

      • RIZA says:

        Belajar Iklash aja gan isnyaallah sembuh πŸ˜€ Oh ya saya punya tips cara mengatasi penyakit tersebut insyaallah sembuh dan saya ingin berbagi kisah dengan anda tapi melalui SMS aja ya πŸ˜€ Pasti saya balas :D. No hape saya 085735149846 . Terimakasih

    • RIZA says:

      Perkenalkan nama saya Muhammad Riza Saifullah biasa dipanggil Riza, saya mengalami masalah seperti anda yaitu kegagapan Alhamdulillah seiring berangsur waktu demi waktu penyakit saya tersebut hilang dan sekarang saya menjadi orang sukses . Oh ya saya punya tips cara mengatasi penyakit tersebut insyaallah sembuh dan saya ingin berbagi kisah dengan anda tapi melalui SMS aja ya πŸ˜€ Pasti saya balas :D. No hape saya 085735149846 . Terimakasih :Q

  4. dwiputranto says:

    bicara gagap adalah masalah panjang yang saya hadapi dan nempel terussss kayak perangko,,,….. ada komunitasnya di jakarta atau tangerang selatan? ada ketemuan gak kaya konseling bersama atau tuker pikiran? kalau ada mau dong,,… mksh infonya.

    • RIZA says:

      Perkenalkan nama saya Muhammad Riza Saifullah biasa dipanggil Riza, saya mengalami masalah seperti anda yaitu kegagapan Alhamdulillah seiring berangsur waktu demi waktu penyakit saya tersebut hilang dan sekarang saya menjadi orang sukses . Oh ya saya punya tips cara mengatasi penyakit tersebut insyaallah sembuh dan saya ingin berbagi kisah dengan anda tapi melalui SMS aja ya πŸ˜€ Pasti saya balas :D. No hape saya 085735149846 . Terimakasih ;;;

      • Perkenalkan nama saya Aris Nurachman. Saya tnggal di kecamatan Burneh kabpaten Bangkalan, Madura. Saya lulus dari pendidikan tinggi di STKIP PGRI Bangkalan setahn yang lalu. Sekarang saya berprofesi sebagai guru sukarelawan di daerah saya. Meskipun begitu saya masih dihantui masalah klasik bila tampil di depan kelas untuk mengajar ataupun bicara di hadapan banyak orang yakni mudah gugup, berkeringat, mata berkedip-kedip, dan bicara terlalu cepat. Oleh karena itusaya mau minta tips2 dari kamu, boleh ?

  5. Argan says:

    bismillahirrohmanirrohim, alhamdulillah karena allah masih memberikan kita kesehatan untuk berkumpul di komunitas gagap ini, perkenalkan nama saya argan saya dulunya adalah seorang yang gagap saat berbica dengan orang lain, tp sekarang alhamdulillah udah hilang walaupun kadang” suka sedikit gugup. muncul didalam benak saya bahwasanya faktor ke gagapan itu muncul dikarenakan kurang PD/Minder nya kita saat berbica, tidak fokus dalam berbicara, dan kurang tenang dalam mnyampaikan sesuatu., sedikit tips dari saya aturlah pernapasan anda sehingga anda merasakan ketenangan hati dan pikiran, sebelum berbicara tariklah sedikit nafas dari mulut dan hidung, dan keluarkan nafas dr dalam hidung sambil mengucapkan kata pertama, terus berlatih dan berdoa kepada allah swt.

  6. Andith says:

    Saya dulu bicara gagap banget,paling parah deh Pak,dari SD sampai kuliah dan sampai umur 27 thn,pada saat sidang kuliah ekstensi gagap saya muncul lagi dan keringet dingin keluar,kebayang ngk sih saya berdiri sambil mau ngomong tapi berat dan ngk bisa keluar,,audience cmn bengong liatin saya.walopun akhirnya lulus.
    sekarang alhamdulillah saya bisa saya bilang 99% sudah sembuh,bahkan pekerjaan saya sekarang di bidang ERP dan presentasi dan berdiskusi terus dengan client.kenapa bisa sembuh,yg pasti karena karunia Allah dan satu lagi,setelah saya nonton film the speech,,ada satu adegan saat si pangeran yg gagap ngobrol sama penasehatnya,,intinya dia bilang,orang yang gagap dulunya waktu kecil rata-rata kidal.
    ini bener banget sama saya Pak,saya dulu waktu kecil kidal,tapi di keluarga saya di paksa menjadi kanan,walopun sekarang jadinya lebih nyaman kanan,dari film tersebut saya jadi kepikiran,kalo misalkan aktifitas kidal saya dilatih lagi,,bisa jadi gagap saya sembuh,dari situ saya coba beberapa aktifitas menggunakan tangan kiri,dari megang trackpad di laptop,mukul palu dan lain-lain,udah jalan lebih dari 2 tahun,,dan terus terang keluarga saya kaget kenapa saya ngk gagap lagi,dan sayapun sudah lupa dengan kegagapan saya,Alhamdulillah.
    Bagi teman2 yg gagap,coba di inget2 lagi,waktu kecil kidal atau tidak,,kalau dulunya kidal dan skrng kanan,,coba deh dilatih tangan kirinya sekarang,mudah2an bisa seperti saya,bisa sembuh.Tulisan yang bermanfaat pak Rohmad.

  7. johan says:

    Hola semua.
    Ternyata lucu2 ya kisah kita sebagai gagapers.
    Tapi cuma kita sang penderita yang nelangsa.
    Orang lain cuma bisa geli lihat kita.

  8. nurul says:

    iya, nelangsa banget jadi orang gagap. tersiksa sekali bahkan sama keluarga sendiri aja takut untuk menunjukkan kegagapanku, karena aku gak ingin mereka mengasihi aku atau menunjukkan belas kasihan…. malah pada saat aku gagapnya kumat mereka malah menertawakannya.. mulai dari itu aku takut untuk jika mengulanginya lagi. dan aku mengontrol diri untuk menunjukkan bicaraku ini lamcar tpi itu menyesakkan, hanya dg sahabatku aku bisa lega.. seperti itulah pokoknya.. nelangsa banget… πŸ™ ndak bisa merasa leluasa jadi diri sendiri.. πŸ™ πŸ™

  9. chandra says:

    saya penderita gagap,saya tersiksa sekali mjd org gagap,krn gagap sy jd tdk pny teman krn saya menjauh dari pergaulan, mau ngomong susah, sampe sampe aku terpikir utk bunuh diri. pokoknya tersiksa mjd orang gagap

  10. Faizel says:

    Apakah gagap yang berasal dari faktor keturunan (gen) bisa sembuh total? Soalnya saya dan kakak ke 2 saya juga menderita gagap. Katanya keturunan dari kakek. Walau oun saya telah mencoba berbagai cara, tapi hasilnya kurang efektif. Saya saat ini masih kuliah S1 di perguruan tinggi keguruan dan yang paling saya takutkan adalah nanti pas PPL yang disuruh ngajar. Ada yang bisa bantu?

    • denny nainggolan says:

      Mas faizel, boleh minta kontak personnya untuk bicara lebih lanjut tentang masalah kegagapan yg mas alami? Terimakasih

  11. Faizel says:

    baca2 komen di atas ternyata kita punya masalah yang sama.

    Sulit untuk mengucapkan “Kiri” pas naik angkot.
    hahahahahaaha πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *