December Window Dressing, Saatnya Investasi Lebih di Reksadana Saham

Sampai saat ini saya masih investasi reksadana saham di Danareksa Mawar (salah satu product dari PT Danareksa). Terus terang, saya ini termasuk investor pasif, I don’t care, pokoknya setiap bulan saya selalu berusaha menyisihkan sebagian rejeki untuk ditaruh di reksadana saham ini, tanpa berpikir banyak apakah di bulan yang bersangkutan saham sedang bagus apa tidak. He…he…he… Khan sudah mempercayakan pengelolaan dana kepada PT Danareksa sebagai Manager Investasi 🙂

Di awal bulan Desember ini, tampaknya saya tidak bisa don’t care begitu saja. Danareksa menjelaskan bahwa di bulan Desember biasanya harga saham berkapitalisasi besar (big-cap) akan naik. Makanya nurut saya, ada baiknya di awal bulan Desember ini saya meginvesnya lebih dari biasanya. Berikut ini ulasan yang saya kutip dari Danareksa [saya edit seperlunya]:

===========================================================

Bagi para investor yang sudah akrab dengan pasar modal, mungkin sudah sering mendengar istilah Window Dressing. Apakah Window Dressing itu?

Window Dressing adalah sebuah istilah yang dilontarkan oleh para pelaku pasar di Wall Street, yakni suatu fenomena di akhir tahun, dimana biasanya indeks pasar saham ditutup positif pada bulan Desember dibandingkan bulan sebelumnya. Hal ini biasanya terjadi pada seluruh pasar saham secara global. Mengapa bisa demikian?

Menjelang akhir tahun, para manajer investasi global akan melakukan review terakhir atas kinerja portofolio mereka. Mereka akan menjual saham yang dianggap kurang prospek dan membeli saham yang dianggap lebih prospek untuk tahun berikutnya.

Secara teori, saham yang diekspektasi lebih memiliki prospek adalah saham berkapitalisasi besar (big-cap). Dan ketika saham-saham big cap diburu beramai-ramai, tentu saja harga saham big-cap secara mayoritas akan naik. Dan karena saham big-cap adalah driver utama dari sebuah indeks saham, otomatis indeks sahamnya juga terkerek naik.

Bagi seorang manajer investasi global, strategi ini dilakukan pada seluruh saham yang dikelolanya dari pasar saham seluruh dunia. Oleh karena itu, efek dari Window Dressing ini tidak hanya terasa di Wall Street saja, namun juga pasar saham regional, termasuk Indonesia.

Untuk melihat sejauh mana efek Window Dressing di Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), penulis melakukan penelitian hasil return bulanan IHSG sejak tahun 2001 – 2012, dengan hasil berikut ini:


Sumber: Bloomberg

Hasil penelitian ternyata memang menunjukkan adanya efek Window Dressing pada IHSG. Sejak tahun 2001 hingga 2012, di bulan Desember pada tiap tahunnya selalu memberikan return bulanan positif. Tidak pernah sekalipun bulan Desember memberikan return negatif dalam 12 tahun terakhir. Bahkan di tahun 2008, ketika IHSG turun lebih dari 50% pada tahun tersebut, bulan Desember-nya masih tetap memberikan return diatas 9% dibanding bulan sebelumnya.

Apakah berarti saat ini time to buy saham big-cap? Dalam ilmu portofolio, investasi pada saham big-cap tetap direkomendasi agar selalu menjadi bagian dari portofolio sepanjang tahun.

Apakah berarti setiap bulan Desember merupakan saat tepat untuk mendulang untung di pasar saham? Dari data historis di atas, tampaknya kesempatan itu memang ada jika tujuannya adalah menjaring momentum dalam bulan yang bersangkutan. Apakah berarti return bulanan di bulan Desember 2013 ini akan positif? Kita tunggu saja.

Akhir kata, mengejar potensi profit di bulan Desember sah-sah saja. Namun sangat direkomendasikan agar investor tidak mempertaruhkan seluruh portofolio yang ada demi mengejar efek Window Dressing ini semata.

Secara ideal, investor sebaiknya tetap berinvestasi dengan terdiversifikasi, time horizon untuk jangka panjang, serta dilakukan secara berkala – terlepas apakah saat itu bulan Desember atau tidak.

===========================================================

This entry was posted in Investasi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to December Window Dressing, Saatnya Investasi Lebih di Reksadana Saham

  1. Ashli says:

    I see a lot of interesting articles on your website.
    You have to spend a lot of time writing, i know how to save you
    a lot of work, there is a tool that creates readable, google friendly articles
    in couple of seconds, just type in google – k2 unlimited content

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *