Tip Menyembukan Gagap


Photo by ALAMY / Telegraph.co.uk
Mari, bergabung di Komunitas Bicara Gagap. Tempat berkumpul, sharing, diskusi, dan saling membantu antara orang-orang yang bicaranya gagap atau bicara terlalu cepat.

Salah satu artikel di blog ini yang paling sering diakses adalah Mengatasi Kebiasaan Bicara Gagap. Ternyata banyak sekali kawan-kawan yang bernasib seperti saya, pernah gagap atau sampai sekarang masih gagap 🙂 Berikut ini cara-cara mengatasi, menyembuhkan, ataupun menghilangkan gagap yang saya kumpulkan dari komentar kawan-kawan pembaca [Tulisan-tulisan ini sudah saya edit, saya quote intinya saja. Karena banyak sekali sharing kawan-kawan, tidak semua saya tulis di sini, nanti kalau ada kesempatan akan saya lanjutkan lagi].

Oleh rohmad, April 24, 2008
Orang gagap awalnya merasa biasa-biasa saja. Seiring dia dewasa, dia semakin merasa bahwa gagap adalah sebuah kekurangan. Lebih lanjut, dia semakin merasa rendah diri dan tidak percaya diri. Hal ini persis pernah saya alami.

Justru itu, rasa rendah diri dan tidak percaya diri semakin membuat semakin susah untuk menghilangkan gagap. Jadi, langkah pertama adalah MENERIMA apa adanya. Setelah menerima ada adanya, berarti kita siap melakukan perubahan pada diri sendiri.

Ambisi yang terlalu kuat, dalam hal ini ambisi untuk menghilankan gagap, kadangkala (sering) justru malah menutup kemampuan kita untuk berubah. Sekali lagi, yang pertama dan utama adalah MENERIMA apa adanya, bahasa kerennya IKHLAS.

Selanjutnya, mulai berlatih untuk ngomong lancar. Dulu yang saya lakukan adalah:

  1. Latihan membaca keras. Kalau malu, lakukan di kamar tertutup rapat
  2. Latihan pidato sendiri
  3. Kalau perlu ngomong sama kursi, tembok, atau tempat tidur sendiri.

Oleh isaac, June 10, 2008
Terapi air panas campur garam efektif hilangkan gagap. Caranya tiap pagi air panas yang sudah dicampur dengan garam disiramkan diubun-ubun. lakukan tiap pagi, insya allah sembuh.. pantangan : jangan minum es..

Oleh Adhi, July 24, 2008
Gagap dapat disembuhkan dengan 1x 5.5jam terapi di klinik hipnoterapi , bahkan percaya diri bicara bahasa Inggris dan hipnoterapi anak-anak juga kami lakukan cukup 1x datang. Adhi Susilo – http://hipno-bicara.blogspot.com

Oleh annie, February 1, 2009
Yang terpenting , kita percaya untuk bisa ! dan BERANI untuk BISA .

Oleh Muslih, April 7, 2009
Saya juga gagap yang cukup parah dari kecil. Tapi baru-baru ini saya berhasil menemukan dokter yang bisa melakukan hipnoteraphy. Saran saya cari aja dokter yang bisa hypnotherapy [terus dari situ ntar di-hypnotherapy, DC skalian dikasih tips] atau latihan-latihan yang bsa dilakuin dirumah. Alhamdulillah bicara saya jadi jauh lebih lancar, tergantung ketenangan kita aja lagi dalam berbicara nya. Orang yang gagap tapi kalau ngomongnya gak tenang bisa juga kan gagap.

Oleh Lutfi, May 18, 2009
Yang saya pikir waktu mau bicara, kondisi hati rileks dan tenang, tarik napas dalam-dalam dan bilang pada diri sendiri “SAYA LANCAR BICARA”.

Oleh Josh, September 3, 2009
Yang penting terima aja apa adanya, suatu saat akan sembuh.

Oleh Michael, September 5, 2009
Gagap bukanlah hal yang memalukan. Tetap lebih giat membuka diri dengan teman-teman. JANGAN PERNAH MENYERAH DAN TERUS BERJUANG.

Oleh Dal igbal, April 8, 2010
Gagap? Terima aja gak usah pake malu, itu nikmat Allah ar Rahman. Obatnya gampang aja yang penting kita tau kalo Allah mencoba karena ada maksud, bagi sodaraku yg muslim cara ngobatinya, yakni dengan membaca AL QUR’AN ,sebab AL QUR’AN adalah asyifa/penyembuh, selain ngobatin gagap, AL QUR’AN juga untuk menjernihkan mata hati.

Oleh dede, June 24, 2010
Gagap, rasanya malllllu banget, karena sering di ejek dan di ketawain sama teman-teman, maunya menyendiri aja biar gak ada yang tahu kalo saya gagap. Tapi seiring dengan bertambahnya umur dan keadaan sosial yang mengharuskan seringnya berinteraksi dengan orang lain akhirnya timbul motivasi dalam diri untuk menyembuhkan penyakit ini. Dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah maka hati menjadi tenang dan sering berlatih, juga kalahkan rasa takut, pasti gagap itu bisa hilang, seperti keadaan saya saat ini.

Oleh asE, July 20, 2010
Bagi semua teman-teman yang mempunyai “keistimewaan” gagap, jangan pernah malu. Gagap bisa diatasi seandainya kita punya kemauan yang cukup. Saya punya referensi untuk mengatasi gagap. Tapi yang paling penting dari keseluruhan cara di bawah ini adalah MOTIFASI. Tanpa motifasi, apapun yang kita lakukan tidak akan pernah berhasil dengan maksimal. Caranya adalah :

  1. Kesadaran dalam berbicara, sadarilah kalau kalian sedang berbicara. berbicara adalah sebuah ketrampilan, jadi harus dilatih.
  2. Perluas wawasan, karena dengan wawasan yang luas bahan pembicaraan juga akan semakin banyak dan semakin kita kuasai. dan dengan menguasai bahan pembicaraan kita akan semakin lancar untuk berbicara.
  3. Perlambat tempo berbicara dengan memperpanjang bunyi vokal. bunyi-bunyi vokal akan sangat membantu dalam memperlancar konsoman-konsonan yang sulit untuk diucapkan (k, c, l, m, t, p, b). misalnya kata “ketrampilan”, bisa kita perpanjang menjadi keeetraampiilan.
  4. Gunakan irama saat berbicara dan hindari berbicara dengan irama yang datar. dengan irama, bicara kita akan semakin enak diucapkan disamping juga enak untuk didengar. bukankah kalian tidak pernah gagap saat bernyanyi?
  5. Gerakkan tangan dan kalau perlu kepala untuk membantu mengeja kata-kata sulit. dengan gerakan tangan dan kepala letupan udara yang keluar dari mulut akan semakai mudah untuk dikeluarkan, karena biasanya huruf-huruf yang sulit untuk diucapkan adalah huruf konsonan letup.
  6. LATIHAN, LATIHAN, DAN LATIHAN. inti keluar dari problem gagap adalah selalu latihan, karena bicara adalah ketrampilan yang hanya dapat dikuasai dengan baik melalui latihan yang teratur.
  7. Cara yang terakhir adalah dengan berpikir positif (ikhlas). jangan pernah ada pikiran kalau kita akan gagap saat akan berbicara, kalau kalian mempunyai pikiran tersebut maka apa yang kita pikirkan akan menjadi sebuah kenyataan. jadi pikirkan saja dan setinglah pikiran kita bahwa semuanya akan lancar dan semuanya akan baik-baik saja. ingatlah saat di mana kalian berhasil untuk tidak gagap. dan ingatlah saat kalian lebih berhasil lagi untuk tidak gagap, dan seterusnya. maka mindset ini kan berjalan lebih baik dari hari ke hari.

sekian masukan dari saya, semoga bermanfaat untuk semuanya. kalau masih ada yang perlu dibahas hubungi saya. kita akan diskusikan lebih lanjut.

Oleh RIZA, July 22, 2010
Setelalah saya membaca semua komen situs ini ternyata banyak juga yah yang gagap. Gimana kalau kita bikin Komunitas? Mungkin ini bisa membantu. Entah satu minggu sekali kita kumpul untuk latihan mengatasi gagap kita ini. Saya berfikir dengan cara menggumpulkan orang-orang yang gagap kemudian kita latihan bersama akan mempermudah penyembuhannya. Seperti latihan pidato, presentasi, dll. Coba pikirkan oleh kalian semua:

  1. lebih tenang mana ketika kita presentasi di dpn banyak orang yg tidak gagap
  2. presentasi di depan byk orang yg gagap????

Saya akan memeilih NO 2 karena yang presentasi, sama yangg melihat sama-sama gagap. Jadi sudah tau satu sama lain. Oleh karena itu saya ingin sekali membentuk komunitas gagap. Dan saya mohon dengan sangat kepada orang-orang yang sudah sembuh dari gagap nya untuk membagi pengalaman-pengalaman nya kapada kami. Untuk komukasi selajutnya, untuk membuat komunitas gagap ini please add Facebook: riza.usman@gmail

BUAT yang domisili Bandung, gabung yuk di Komunitas gagap melaui grup facebook (komunitas stuttering bandung) kita sharing tentang masalah kita.

Oleh afandy, August 9, 2010
Saya ada sedikit tips : Caranya, saat awal memulai berbicara yang kira-kira akan gagap, tarik nafas dalem-dalem truss keluarkan dari mulut. Nah, saat di akhir nafas keluarkan bersaamaan dengan kata-kata yang akan di lantunkan secara spontan, hal ini akan menipu otak bawah sadar yang mengira kita akan mengeluarkan nafas saja. Yang terpenting tetaplah percaya diri.

Oleh Indra, November 10, 2010
Gagap bisa dihilangkan dengan cara berbicara pelan dan berfikir tenang. Biasanya gagap akan lebih parah kalau kita berbicara kepada orang yang belum kita kenal atau kepada orang penting, orang galak atau serem, atau ketika ingin mengutarakan sesuatu yg kita anggap sulit diterima. Saya punya tips:

  1. Yakinkan diri sendiri “aku lancar bicara”
  2. Anggap lawan bicara kita adalah orang biasa seperti kita (hal ini untuk meningkatkan rasa percaya diri)
  3. Untuk mengadapi lawan bicara yg kasar atau galak, anggap itu obat mujarab,  karena anda berhadapan dengan orang yang levelnya dibawah anda sehingga anda lebih pede dan bisa menguasai keadaan, tentunya kita harus menghindari kekerasan.
  4. Gunakan teknik berbicara ala reporter, terutama saat bicara didepan orang banyak atau saat pidato
  5. Sesekali bercanda untuk mengendurkan ketegangan,  sehingga kita lebih rilek.
  6. Semoga bermanfaat buat semua. Salooom

***

Demikianlah tips dari kawan-kawan di komentar artikel Mengatasi Kebiasaan Bicara Gagap. Anda pengin sharing? Silahkan komentar di sini. Jangan malu, kita senasib kok 🙂

This entry was posted in Bicara Gagap and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

153 Responses to Tip Menyembukan Gagap

  1. Ardy says:

    Wah, maksih ya kaka kaka yang udah share masukannya… tapi kenapa ya kaa, saya kalo mau ngucapin kata “tandatangan” itu susah bgt? apalagi “bapak-bapak’ .. kira2 apa solusinya ya kaa?

    • ryan says:

      tanda tangan pake ” sign ” aja…

    • dot says:

      Saya susah ngomong kata yang berawalan “T” , Tentara, Tomat, Tusuk,
      gagap itu menurut saya waktu kecil suka di kagetin, suka di takut2 in, sehingga kehilangan keberanian untuk ngomong. biasanya anak yang orang tua nya yang berkarir di militer/polisi.

  2. taufik says:

    Saya tidak gagap. Tapi saya pernah punya teman SMP yang gagap, dia menulis dengan tangan kanan tapi tulisannya jelek sekali (lebih jelek dari saya menulis dengan tangan kiri)… Lalu saya langsung tembak dia “kamu dulu waktu kecil kidal khan ?” .. dia melotot kaget ” koq loe bisa tau ?!” … Saya jawab dengan senyum saja.
    Sebab itu jangan paksa anak kidal untuk menulis dengan tangan kanan, akibatnya saraf motorik bisa terganggu dan termasuk berpengaruh terhadap gerakan mulut/bibir … Semoga bermanfaat.

  3. DARIN says:

    utk menghilangkan gagap, coba tulis kata2 yg sulit anda ucapkan dgn lancar(tulis di kertas), misalnya; tanda tangan, bapak-bapak, dll, lalu ucapkan kata2 tsb berulang ulang dgn rilex. biasanya org yg gagap sulit mengucapkan kata2 yg diawali huruf A,O,U,E,dan I. Tp dgn latihan ngomong, pasti anda akan berhasil mengalahkan kegagapan. Oya..nabi musa jg gagap.

  4. rizkiyumna says:

    gan, ane mau nanya. ane sebenarnya kalau bicara2 biasa sma temen2 lancar2 aja. tapi kalo bicara d depan kelas kok ane jadi gagap yah?
    kasih solusi donk

  5. Fernanda says:

    gan…
    knapa ya, gw stiap kali ngomong sama kawan secara bercanda tawa, lancar benerr sperti air y mngalirr…
    tp, klo ngomong serius sama kawan dan ngomong d dpan klas dan ngomong sama orang y terpenting, knapa dlu selalu gw gagap…
    misalnya…
    gw mw mnnyakan ssuatu sama kawan2 dgn srius, “bro, lo knapa se..ssering kali bolos sekolah.” “ke..kenapa lo gg suka pe..ppergi k skolah?

    jd, apa solusinya gan…?

    • pei says:

      Gan ane kalo ngomong sama temen lancar,tapi kadang2 juga gagap! Terus kemarenkan juga apalan disekolah eh pas didepan gurunya itu gua gagap! Solusi buat ngilanginya apa gan

  6. Howdy! This post couldn’t be written much better! Looking through this post reminds me of my previous roommate! He constantly kept preaching about this. I am going to send this post to him. Pretty sure he will have a great read. Thanks for sharing!

  7. I used to be suggested this website via my cousin. I am
    now not certain whether or not this publish is written by means of him as
    nobody else recognise such distinctive about my problem. You’re incredible! Thanks!

  8. aiyen says:

    kowokwokwkookwokowkowookw…..ngakak liat tulisan
    FERNANDA
    hahahahhahhahhahha gan kenapa,lo,gaakk..gak,sseerriinngg..bolos sskooollaaahh
    ahhahahhaha

  9. aulia says:

    kenapa yah kalau aku mmbca dlm hti itu lancerr banget , tp pas membcax aku kluarin suara ehh tautaux aku mmbcax putus2 atau yah bsa d blng gagap?

  10. zigzag says:

    kl saya sulit mengucpkan seprti “tri,bri,sri,gri ya berbau-bau gt dech..
    gmn solusinya sob?

    • abi says:

      hahahahh, sama bgt gan!!! paling susah itu yang awalannya T apalagi kalo awalanya tr, br, dr, dll. udah latian berkali-kali jg tetep aje susaaahh

  11. eliza zuzana says:

    Saya masih kecil sangat parah sekali gagapnya, jadi kapan disuruh baca oleh guru, semua badan bergerak semua, dari kaki, tangan, mulut. Menjelang dewasa agak berkurang. Tapi kadang2 muncul lagi, apalagi menghadapi moment yg tegang, merasa diperhatikan. Banyak juga yg tidak menyadari kalo saya gagap, kecuali teman2 dekat. Saya kerja di perguruan tinggi, saya hanya kerja di belakang meja, tapi yg takutnya bagaimana jika saya diemban sebuah jabatan yg harus bicara, rapat, dan berdiskusi. Jika suasana tegang kegagapan itu sering muncul. Tolong dibalas lewat email aja, saya berusaha mencari solusinya biar tidak menjadi bahan gunjingan teman2

  12. agus says:

    Lo aq bcara pertama sering sekali gagap apa y solusinya?

  13. wardana alvin says:

    gan, ane mau nnya kalau ane ngomong kok makin tambah gede makin tambah gagap ya, gimana solusi terbaik nya.

    • Fiddhan says:

      coba ngomong lemah lembut dan berirama gan , kalo keras iramanya jangan lupa. aku juga gagap lagi meraktekin nih :3

  14. nizar says:

    yg susah tuh klo mau ijab qobul…. ada masukan…??

  15. Tata says:

    Berbagai cara telah sya coba, tp ttp aja ga sembuh.. Apalgi klo lgi suasana tegang, pasti g bisa bicara sama sekali.. Klo ngomong dalam hati lancar ya.. Kalo ngomong asli, weeleeehhh terbata-bata..

  16. dian says:

    Gue gagap dari kelas 4 SD , sampe sekarang masih gagap , sekarang gue udah masuk universitas,,,masih juga gagap.. Yang gue bingungin gue kan masuk fakultas keperawatan cara komunikasi gue ke pasien bagaimana??? .. Dan mau tanya , hypnoterapi ampuh gak sih? dan kisaran harga nya berapa?

  17. Muhammad Al-fatih says:

    Bismillah……

    Intinya bersabar aja kwan2….mungkin Allah mempunyai mksd lain utk memberikan kita penyakit gagap..itulah yg terbaik bgy kita

    sya sendiri juga gagap…sampai skrng ini.bhkan tiap hari selalu ditertawakan teman2..kdang buat sakit hatiii

    tapi saya hari2…slalu berdo’a kpd Allah,solat hajat,dan membaca surat Al-isra’ ( obbat penyembuh penyakit gagap ) Alhamdulillah,gagap ana sudah smakin berkurang

  18. alexsanto says:

    saya tidak bisa menyebutkan huruf yang di akhiri dengan i. kenapa ya? solusinya donk.
    kalau saya sebut pandai jad panda. i nya hilang. ui ai dll i nya hilang ketka saya berbicara. dan saya tidak bisa sebut Rrr dan Lll dengan jelas. membuat saya gagap. malas berbicara. kasih solusinya ya. fb : newbie311@gmail.com

  19. dedy says:

    kenapa ya? setiap aku ngomong dengan orang lain pembicaraan aku menjadi tidak jelas… seperti orang gagap.?

  20. dedy says:

    dan aku susah menyebutkan hurufnya seperti huruf R,K dan lainnya.

  21. yogi permadi says:

    knpa ea….. pas ngomong ma tmn” lancar….. tpi pas nyiap kan barisan, susah ngomong….

    aneh ea….!!!!!! ada yg tw solusinya gk?

    • memang gitu bro,,
      sama sperti ane,, klau sesuai keinginan sendiri bisa bcara sdikit lncar, tpi klau disuruh / sesuai aturan sperti nyiapkan barisan, bkalan gagap tuh….

      Ane aja minggu dpan disuruh nyiapkan barisan krna sbgai wakil ktua.. Gawat kan !! <>

      • oki says:

        saya malah kebalikan dari anda ,kalau saya di suruh menerangkan materi sama guru saya malah bisa lancar tetapi kalau menerangkan materi ke temen sendiri saya malah gagap

    • wardana alvin says:

      gak usah grogi sob. biasa aja, hidup itu harus santai..

  22. rafi akhbar says:

    kk aku mw tanya klo aku mw bicara d dpan kelas kok gak bisa gagap melulu,tpi klo sma temen2 gak terlalu ,apa lagi setiap hri suruh hafalan,soalnya sekolahku kan sekolah islam ,aku jadi minder nih,beri mptivasi donk kk

  23. wardana alvin says:

    SYUKURI APA YANG ADA, ”GAGAP ADALAH SEBUAH ANUGERAH DARI TUHAN”

  24. Anonymous :) says:

    Bro, kenapa gue setiap pas nyebutin nilai ulangan ke guru rasanya susah banget,,
    temen sekelas gue belum pada tau, klo gue gagap

    gue pengen konsultasi, tapi sama siapa ?
    orang tua ? malu -_-

    Minta Link FB kalian dong guys!
    kita saling konsultasi aja, semoga aja bisa sembuh 🙂
    #Amin

  25. Evan Dimas says:

    kalau gagap biasanya dihilangin dengan berlatih.. karena bicara itu merupakan sebuah kemampuan yang mesti dilatih… tapi perlu juga faktor-faktor pendukung dan cara-cara yang benar…. 🙂

    coba aja ikut terapi di http://www.klinikgagap.com
    siapa tahu sembuh..?

  26. Christine says:

    Susah emang kale gagap udah kumat…apa lagi pas lagi parah2nya… Rasanya doowwnnn bangeeet…kayak skrg ini ni….. T_T ucapin 1 kata aja susahnya minta ampun…. Thank buat sharing and supportnya guys… Gws for us.. Amiiiiinnn…..

  27. haromain says:

    saya mengalami penyakit gagap bicara sampai saat ini…., oh maan, this is like NIGHTMARE become REALITY and REALITY become NIGHTMARE. rasanya seperti hidup segan, mati tak mau. saya sering termenung sendiri memikirkan kenapa tuhan memberikan cobaan yang sangat, saangaaat BERAT kpd diri saya. gagap sangat mengganggu aktivitas saya setiap hari, like i am a RETARTED people, but i am guarantee to you, I AM NOT.

  28. dikoangga says:

    Ya tuhan tolong hilangkn penyakit gagap ku ini hambamu sangat” membutuhkanya untuk barbicara.
    Saya malu ya tuhan

    • Rohmad says:

      Berdoa akan sangat membantu. Dan lebih kuat lagi dibarengi dengan usaha/latihan yang kontinyu. Semua doa kita dikabulkan, amin…

  29. deko angga natalia says:

    knp ya kal saya susah ngoong tri,sri,tiara,brapa,kemana,dll yah begitulah coba saya bisa ngucapinnya ya pasti saya gx takut lagi maju ke depan kelas..
    mana lagi ditambah sekolah gua yang faporit ,,,mau presentasi aj susah ,,
    mau nya saya ini gx usah sekolahhh,biar gx ada yg tw kalo saya ini gagap,,
    tapi saya udah jadi peminpin upacara 2 kali gans alhamdulillah berhasil tapi kalo saya gx seperti ini saya ingin jadi ketos,pinsa,ketua kelas,dokter,dll tapi semua itu hanya angan” yang tertunda.
    tolong bagi teman” yang tau solusinya kasih tw aq ya.. -_-

    • Rohmad says:

      Rajin berlatin mengucapkan kata-kata yang susah itu, misalnya ngomong aja sendiri atau ngomong ama tembok [tentu saja ketika sendirian tidak ada orang lain :)]. Tanamkan sugesti bahwa “saya bisa ngomong lancar” sambil membayangkan (visualisasi) bahwa anda benar-benar lancar bicaranya.

  30. diki says:

    gan kalau aku gini.
    kenapa disaat susananya yang gak pas dari ucapanku kok aku sulit untuk bicara itu kenapa?
    aku mau banget gan.
    aku sering diketawain sama temen”ku dan itu juga diketawain cewek ku juga.
    aku dari waktu kecil udah gitu.
    tapi katanya mamaku dulu waktu aku kecil aku dihantui oleh makhuk halus yang berupa kepala api yang di atasku.
    itu pun mama ku dan papaku juga tau.
    beberapa tahun aku umur 7 tahunan itu mulai sulit berbicara kadang lancar dan juga kadang sulit untuk berbicara gan

    tolong kasih solusi buat aku ya gan.
    makasih gan:-)

    • Rohmad says:

      kenapa disaat susananya yang gak pas dari ucapanku kok aku sulit untuk bicara itu kenapa?

      Perasaan tertekan (stress) akan semakin memperparah gagap. Perlu dicari cara yang pas buat Mas Diki gimana caranya untuk membuang rasa tertekan itu ketika bicara, misalnya dengan pura-pura menganggap bahwa lawan bicara adalah anak kecil yang tidak akan memberi penilaian apa-apa terhadap gagapnya kita.

  31. Alif says:

    Saya Akan MElakukan Nya

  32. Apreelia says:

    Aqw gagap udah sejak TK, sekarang udah kuliah semester 7, udah sempet ke hypnotherapi juga, 2 bulan pertama bicaraku lancarrrr banget, tp setelah itu kambuh lagi… apa mungkin sugestinya udah hilang ya? sepertinya perlu tindakan yang berkesinambungan dalam mengobati gagap, serta dukungan orang-orang di sekitar.

    • Rohmad says:

      setuju, kawan Apreelia. Perlu usaha yang berkesinambungan serta dukungan orang-orang di sekitar kita. Tetap semangat ya 🙂

  33. sy seorang pelajar di IPTA, sy sering kali menghadapi masalah gagap sejak 2o tahun yang lalu hingga kini… saya sangat malu2 dengan kawan..apatah lagi ingin mengurat..niat tu ada nak kurangkan dan hilangkan gagap..tapi sukar..mohon kerjasama..nasihat dan tips dr Pro…. hihi…… gagap depan ratusan orang ketika presentation…..

  34. saya nak tahu..lw buat terapi adakah ia betul sembuh kan gagap….dan berapa harganya,,,,ingin melakukan terapi hypnotherapi …..

  35. Ari says:

    Makasi banyak ya. saya akan coba smua yg di saranin.
    sekali lg makasi

  36. tri says:

    makasih buat saranya

  37. tri says:

    jujur.awalnya aku kira cuman aku doang yg punya keistimewaan ini…trnyata bnyk jg ya,,, pkoknya mkch bgt deh udh di ksh masukan2 yg baik..

    • Rohmad says:

      Kawan Tri, banyak kok yang seperti kita. Jadi jangan merasa sendirian ya :). Kita adalah kawan-kawan seperjuangan. Tetap semangat! 🙂

  38. DWW says:

    Aku pria 26 tahun, asal pontianak. Aku dari kecil udah gagap, tapi gak tau jelasnya waktu umur berapa. Yang aku ingat jelas waktu SD. Ya, aku ingat… ketika aku ditindas, dibully, dijauhi, diacuhkan. Itu mungkin salah satu faktor yang membuat gagap ini terus menerus dan semakin parah. Aku ingin lepas dari semua ini, aku capek. Sampai bangku kuliah pun aku masih dibully. Seringnya aku dianggap bodoh karena selalu diam didepan teman, di depan dosen, dan semua orang. Padahal aku tau aku pandai, aku bisa! Aku juga telah melepaskan cita-citaku karena penyakit ini. Ya Allah… sebenarnya aku tak pernah ingin mengeluh, tapi apa daya.. aku cuma manusia lemah, hina dihadapanmu. Aku mohon dengarlah doaku ya Allah. Aku tak ingin semakin berdosa karena selalu mengeluh.. aku mohon dengan sangat…

    • ayyub says:

      saudara, ujian anda berat, semoga Allah menghapuskan dosa2 anda hingga bersih. q pernah membaca buku ttg sabar, apa itu sabar? sabar itu qt minum air yg SUPER PAHIT tanpa mrengut. puncak2nya para psikolog itu mensugesti pasiaennya dg ilmu sabar. di dlm sabar itu ada pasrah yg luar biasa shg memunculkan ketenangan. q jg pendiam dn gagap, tp ketika disuruh tampil berbicara q pasrah ja ma di atas, apapun yg terjadi ya terjadilah, terapi dg sabar membuat q banyak berubah.
      ternyata kasus bully jg banyak toh, yg akhirnya berpengarug besar wkt dewasanya

  39. Johan says:

    Sudah sedewasa begini saya masih gagap. Atau merasa gagap ? Entahlah.
    Yang jelas saya lebih suka mengetik SMS daripada menelepon langsung.
    Dan ada seribu alasan saya kalau orang bertanya kenapa seperti itu.
    Senang rasanya bertemu teman “senasib dan seperjuangan”.
    Pertanyaan saya :
    – ada gak sih orang gagap yang sukses ? Terutama yang masih eksis saat ini ?
    – Kapan kita2 mengadakan copy darat ? Saya gak bisa membayangkan siapa yang menjadi MC nya nanti. Mudah2an tidak gagap juga. Karena suasana bisa sangat lucu nantinya. Wkwkwkw….

  40. Anita says:

    Thanks for sharing 😉 smoga saya bisa menyembuhkan gagap saya 🙂 amiin ^^

  41. Adi says:

    Kekurangan adalah guru kita. Saya dari kecil, mungkin SD sudah gagap sampai kuliah sekarang. Memang malu pada saat bicara penyakit “gagap” ini muncul. Tapi mau gimana lgi, jstru hal tsb yg nantinya akan membuat kita kuat. Kalo solusi dr saya tetap tenang pd saat bicara ato ngobrol ( bisa dgn merlmbat tempo bicara),klo tetap msh blm tenang bcara saja sedkit2 smpe bsa tenang. Intinya jgn biarkan kekurangan kta menang dri kita, tetap berintraksi dgn sekitar jgn tutup dri kita.

  42. Riza says:

    Mohon Maaf grup facebook (komunitas stuttering bandung) sudah saya hapus dan di ganti denga grup (Berbicara Lancar) dan Sudah ada 114 Anggota yang Gagap dari bebagai kota yg berbeda silahkan yang ingin bergabung ke grup FB (Berbicara Lancar) karena grup ini bersifat tertutup (untuk menjaga privasi semua anggota) maka grup ini tidak akan bisa di search/ di cari oleh mesin mencari maka dari itu add Fb saya riza.usman@gmail.com setelah itu saya yg akan invite ke grup nya atau bisa invite pin bb saya 25b246a0

    Terima Kasih…… Kalian Tidak Sendiri Berbahagialah Kawan 😀

  43. bayu says:

    ya Allah kapan gagap ini barahir, kadang aku klo gagap lg kambuh rasa nya pengin mati

  44. rei pasaribu says:

    kalau aku gini.,,, kalau baca dalam hati bisa, tapi pas di suruh guru baca buku nya jadi gagap gtu dechh… yah di ketawain teman-teman, padahal udah ku usaha kan supaya tenang, tapi gag bisa juga… kek mana thu, tolong bantuan nya ya..

  45. rei pasaribu says:

    tolong di doain ya, sudah cukup aku tersiksa di ejek terus…

  46. agus says:

    Aq jga gagap sring di ejek dan di terrtawakan rasanya aq pngen blang seandai nya aja qm gni gagap sma kya aq mka dsanalah qm bru ngerti rasanya jdi orang gagap

    • hadi says:

      bener gan, andai saja MEREKA yg mengejek kita, nanti’a jadi gagap juga. pasti mereka akan mengerti perasaan kita yg gagap ini..

      orang yg tidak gagap tdk pernah mengerti perasaan org yg gagap..

  47. hadi says:

    kenapa y, rasa’a susah bgt untuk menerima dgn penuh Ikhlas, gagap ini..

    kapan ane bisa sembuh dr gagap ini..

  48. desti says:

    hmm.. saya sekolah di smp kelas 9, akhir akhir ini sudah ujian praktek, tadi ini ujian praktek bahasa indo.. disuruh membaca UUD45 / pancasila. otomatis saya milih yang bacaannya ga terlalu banyak yaitu pancasila. saya maju kedepan kelas ada 2 guru yang nilai saya sih biasa biasa aja.. tapi pas saya baca kenapa gagap. saya takut nilai up bhs.indo ga sesuai kkm ;’). hm dan saya pgn abis lulus smp masuk smk jurusan akutansi.. tapi saya takut kalo disuruh presentase. dan biasanya di smk itu harus banyak ngomong.. nasib saya nanti gimana di smk? :’))

  49. Wah Makasih yaa kakak jadi tau banyak soal gagap sayapun dari kelas 5 sd sudah gagap berkat kakak tau banyaik soal gagap terimakasih kakk alhmdulilah kakak moga moga saya pelajarin yang diatas itu kak

  50. fajar aurel says:

    ka saya mau nanya ,tips agar berbicara tidak terlalu cepat apa ya?,trimakasih
    buat sobat yg gagap sabar aja ko,di balik kekurangan pasti ada kelebihan
    jadi kita ga usah minder.

  51. Susanti oktari says:

    ternyata bkn q sendiri aja yg gagap … slama ini q benci + malu ma diriku krn cara ngomongku yg gagap
    q gagap sejak kecil smpe skrg tp kdng2 q bsa bicara lancar tp ad saatny jg q bicara gagap..
    mkasih bwt tmen2 yg udh kasih sarannya

  52. hendra says:

    knp yah klu saya bernyanyi, membaca dan berbicara sendiri lancar tp ketika berbicara sama org tua, teman ataupun org byk pasti gagap. ada yg tahu solusi nya ngk?

  53. Rahayu says:

    Harus tetap semangat dan belajar

  54. agus says:

    Jalani hdup dengan santai aja brow’n sis, tpi klo gagap’a kambuh angga aja ada ujian buat lbih kuat aja untuk jalani hidup seeeemmmaaangggaaaattttt kaaaaaaaaawan

  55. agus says:

    Ad fb q kawan gagap Edyz Washington’s Naghadjues
    ???????n???? bb 2a05e59d

  56. IsShPr says:

    Biasanya saya gagap kalau bicara hal yang serius.Tetapi kalau tidak serius,hanya bercanda,saya tidak gagap.Jadi saat saya bicara serius saya malah ditertawakan seperti saat bercanda.
    Saya sering bicara dengan orang,tetapi tetap saja saya tidak sembuh.

    • eksis says:

      Berarti kita senasib dan seperjuangan dalam mengatasi gagap. saya gak tau kapan gagap itu muncul, namun baru terasa ketika smp. dan sampai sekarang belum berakhir penderitaan itu. jd bahan ejekan dan hinaan dah makanan sehari-hari. apalagi sekarang menyangkut pekerjaan saya yang mengharuskan berbicara dengan orang baru setiap hari. ketika gagap itu muncul,rasanya pengen teriak bahwa Tuhan tidak adil,kenapa saya diberikan cobaan seperti ini. ketika gagap muncul antara omongan dan yang saya pikirkan tidak sinkron dan jadi buyar karena sudah down duluan. bagi teman2 saya yang sudah mengetahui kondisi ini bisa maklum dan terima keadaan saya. walau terkadang jadi bahan ejekan. dan mereka tidak akan tahu bagaimana rasanya gagap itu. MENYAKITKAN. tapi saya tidak menyerah terus dan terus berusaha untuk menghilangkannya. bagi teman2 ada yg punya info bagus seperti hipnoterapi bisa kasih info ya. saya sangat membutuhkan karena menyangkut pekerjaan dan profesional dalam bekerja. 29ed8b20 . terima kasih.

  57. Adam Ragion says:

    Saya dri kecil uda gagap,,Saat SD ingetNya pas jdi pemimpin upacara,wakil ketua kelas dan yg plng d takutin saat d suruh membaca oleh guru yg bersangkutan..kurang lebih 18tahun saya di bully,di ejek mrasa terkucilkan di pergaulan oleh karna kkurangan saya yg satu ni..Tpi gak ada cara laen slaen sabar nerima ejekan mreka..
    Skrg saya mahasiswa smester akhir yg 3 hari lgi mw persentasi Ujian Proposal..7 hari 7 mlm saya ktakutan,,seakan-akan dunia ni bakal kiamat..
    Apa Solusi biar saya bisa lancar satu jam saja saat maju ujian itu??

  58. affan says:

    Hahha.. Ternyata banyak juga ya ?? gagap .. Sabar bro, ane jg gagap .. Ane dr malang .. Add fb guwa ya affanirvine@gmail.com atau 218DEA89 atau 089654221501

  59. Al Zoubi Amal says:

    waahh ,, makasih ya kkx atas sharing nya.

  60. panca says:

    sa sa saya gagap dari kelas 2 sd..sampai sekarang…tapi sekarang sudah mendingan….parah banget waktu smp dan sma….kalau mau ngomong harus mukul meja, atau nendang sesuatu dulu ..baru suara mau keluar…pokoknya tiap hari di ketawain teman2…lingkungan sangat berpengaruh…tapi setelah saya tau saya punya kemampuan..rasa percaya diri saya mulai meningkat…ketika anda menyadari bahwa orang lain sama dengan anda..maka secara tidak sadar gagap anda akan sedikit demi sedikit sembuh…jadi hilang kan rasa rendah diri ……semua orang didunia ini tidak ada yang berbeda…..se se se lamat ……se se smoga lekas sembuh…tukan kumat lagi….

  61. Mean says:

    Klo saya pribadi, pada saat ada bnyak tekanan (Masalah menumpuk) dan dalam situasi formal pada saat itulah saya sering bicara gagap. tpi klo ngomong sma kawan2 gak ada maslah sma skali. Kalau skarang Puji Tuhan sudah sdikit lancar, memang senjata paling ampuh adalah bagaimana kita bisa melatih diri untuk “berpikir dan bersikap tenang” serta “berpikir positif dan percaya diri”, dalam artian klo kta dri awal sdah menganggap diri kita gagap dan org lain akan mencela kita, alhasil yg ada kita akn smakin gagap.
    Tapi ada satu film yg tidak bisa saya pungkiri klo film ini sudah banyak membantu saya dalam mengatasi masalah ini yaitu film “The King’s Speech”. film ini diangkat dari kisah nyata Raja George VI dalam usahanya mengatasi bicara Gagapnya semenjak dia menggantikan ayahnya menjadi seorang Raja, yg pada akhirnya dia mmg berhasil.
    Jadi khususnya buat teman2 yg punya masalah “gagap” aku sngat merekomendasikan film ini untuk ditonton.
    Penasarannnn…….???????
    Silahkan Ditonton…. 🙂 🙂

  62. Hezler says:

    Padahal tahun lalu saya berbicara lancar, Tapi semenjak saya masuk kelas baru (kelasnya diacak) Saya malah jadi gagap, entah kenapa. Mungkin saya terlalu nervous dengan teman2 Baru.

  63. Cah Lanang says:

    Kenapa ya kalau mengucapkan huruf yang ada R nya itu sulit? Misal Bertani, Kiri, Kering, Terpanjang dl

  64. cintya widiasmara says:

    Wktu masih sd sama smp sy prnah ngalamin gagap, tp ga parah2 bgd, ketakutan itu klo disuruh baca dikelas, yg kaya gantian per siswa gitu, paling sulit klo diawali huruf “p, t, b ” tp mgkin sy terlalu kreatif utk menyembunyikan gagap sy, shg temen2 saya ga tau.hheh. seiring berjalannya wktu smpe kuliah sy memilih jurusan ilmu sosial yg sebenernya background saya dulu ipa. Itu sy sengaja agar sy terbiasa berbicara didepan umum. Alhamdulillah terbukti kini gagap saya hilang, malah jd cerewet.xixi. dan saat manggung pun saya lancar sekali bicara, bhkan mengajak penonton utk menikmati acara tsb. Setelah sy teliti lg, bakat gagap itu ada di ibu sy, wlwpun ibu saya bicaranya lncar, tp trkadang pernah sdikit gagap,. dan kakak2 saya sm ponakan sy ko jd sdikit ada keturunan gagap. Perbanyak sosialisasi, jd bener2 harus dilawan , gagap psti akan pergi jauuh. Terbukti ke saya.hhe

  65. andre says:

    Kenapa ya kalo bicara saya di kelas, kalo pas disuruh guru utk membaca, saya gagap sekali ?? Sedih sekali rasanya punya hidup kyk gini.. Pengennya gak ada yg ketemu samaku.. Tapi nnti waktu dah sendiri, mw sama teman lg ngomong2.. Tapi nnti, gagap lg.. Akh, cemana ini ?

  66. andre says:

    Rasanya kyk mau mati aja setelah gagap di kelas dan diejekin teman

  67. You enter certainty any good website owner. Your website packing pace will be amazing. It kind of feels that you are doing any exceptional secret. Also, Your items will be masterwork. you could have executed an outstanding process in this matter!

  68. dona says:

    Saya gag tau persis kpn saya mulai gagap. Tp masuk sma kalo disuru gliran baca kalo ada kata p,t . Itu susah banget saya ucapin. tp kalo ngomg sehari hari sm temn sy biasa banget. Puncaknya sya pernah bekerja, dan paling tkut namanya megangkat telepon kantor krna saya ggp, diketawain sm temen kantor.
    Mkna kdang saya berpikir bisa gga sya kerja di kantoran 🙁

  69. Fio Junio Irawan says:

    gan, ane mau nanya nih. cara terbaik mengatasi gagap itu gimana yah?? bisa ga sih gagap itu di sembuhin??? ane gagap semenjak ane masih SMP kelas 1, sampe sekarang ane masih gagap. kalo gagap itu bisa keturunan dari orang tua ga gan? tolong kasih solusinya yah gan. ditunggu 🙂

  70. didik says:

    Masyallah tak kira didunia ini saya sndri yg gagap.. Byk tmnnya to hehe.. Saya smpai minder bicara di dpn umum,hmpir putus asa saya sob.. Saya Membaca comen2 di atas sepertin yg sy alami.. Invite pin saya sob buat nmbh teman
    76A9F270 . No hp: 085725570036. Nm saya didik sob asal dari solo.kuliah di UMS . Salam knl sobat

  71. Rachmat Mauluddin says:

    Smoga aja keterbatasan kita ini cpet ilang ya kak….. Kita salng berdo’a aja.
    Makasih banget ya atas tipsnya, itu jga ada yang sama dngan pmikiran saya dan terbukti memang itu kenyataannya. 😀

  72. nia_85 says:

    I have always thought that my true potential & ability have been hindered because of my stammering problem. I was a bright, hardworking student at school, since elementary until high school. This was proved by my exam results. But I declined when I entered university. My fall was partly because of myself, as I was too much into entertainment stuff and got carried away. But my major problem during that time is I was worrying too much about my stammering & dysgraphia problem. I wanted to talk, I had so much on my mind, but at the same time I was afraid that I will make myself look stupid when I see people look at me in a weird way when I struggled with my speech. It’s like, look man, my brain is good, it’s mostly full with intelligent stuff. But this same brain is the one who failed me when I want to speak out the intelligent stuff in my mind. Even the most stupid person in the world can talk so easily. So, why is it so difficult for someone with a good brain like me just to talk and just to write?????these thoughts keep haunting me and made me feel down and so much unmotivated. I graduated university but with very bad results, barely made it. right now, I’m working a good job, a modest life. But I always believed that I was destined to a much better life, a more successful life, had I not have this stammering problem. There’s just so much I wanted to do…

  73. sodiq says:

    kaka gmana ya caranya kita bicara itu bisa lancar..
    kalo saya bicara di rmh tu lumayan lancar” aja
    tapi pas saya mau bicara sama temen saya tiba” rasa gagap itu muncul. paskita mau keluarin kata” tiba-tiba kata” yang mau kita ucapkan malah berenti di mulut.
    solusinya dong kaka.

  74. Kang Dadan says:

    Makasih mas.. sangat membantu sekali

  75. Moh Farham says:

    Ka pleasee saya tidak tahan lgi menderita kayak gini klo di suruh memilih mati atau gagap lbih baik saya pilih mati karena apa sakitnya itu loh disini..

    • johan says:

      Cita Citata.

      • Lucinda says:

        Not often do I encounter a blog that’s both edu­cated and enter­tain­ing, and let me let you know, you’ve hit the nail on the head. Your thought is excel­lent; the dif­fi­culty is some­thing that not suf­fi­cient inÂa­vid­uÂd­ils are talk­ing intel­li­gently about. I am very happy that I stum­bled across this in my search for info relat­ing to this.

  76. Moh Farham says:

    Please gimana cara nyembuhinnya..???
    Please ka comen me!!

  77. Dono says:

    kawan-kawan seperjuangan tolong kasih info terbaru ya di email saya kalau ada yang mau kumpul-kumpul antar kita untuk sharing hhehee..
    trmksh..

  78. ?????? ???? says:

    ?????? ????,?????? ????,?????? ????,?????? ????,?????? ????,
    ?????? ????,?????? ????,

  79. the tom's says:

    lebih enak kita bikin group di FB,twitter, dan kaskus ? ane mw bikin di Regional Tangerang deh setiap minggu / sabtu latihan bagi orang Gagap. seperti pidato menemukan kata atau huruf yg sulit tp gak ada anggota nya 🙁

  80. Ismi A.B says:

    Seandainya, berkomunikasi bisa dilakukan hanya lewat tulisan, gerakan tangan, ato epresi wajah. Tanpa harus berbicara, pasti saya ga akan menderita kaya gini.

  81. Ismi A.B says:

    Seandainya, berkomunikasi bisa dilakukan hanya lewat tulisan, gerakan tangan, ato epresi wajah. Tanpa harus berbicara, pasti saya ga akan menderita kaya gini. Jauh lebih parah pas masuk kuliah. Jurusannya bahasa pula. oh mein Gott. Hilf mir.

  82. Alva Berry says:

    Maksih ya kak mimin .. Udah Share ilmu nya .. 😀
    Doain saya , agar bisa ngelakuin semua tips yang kak mimin share dengan
    baik dan smogaberangsur2 gagap yang saya alami bisa hilang …

    Aminn 🙂 🙂

  83. W.P says:

    assalamu’alaikum . sob gue mau tanya ke kalian yg coment disini . gimana cara yg paling jitu nyembuhin ini kekurangan kita? . jujur gue kalo disuruh presentasi,diskusi umum di kuliah kadang rasanya antara ga usah ikut / malu . Ketakutan yang terus menerus seperti itu yg berhubungan dengan komunikasi . Dulu saya sempat berpikir ingin menjalani hypnoteraphy tapi smpai skrng saya blom mencoba . Saya kuliah di purwokerto kalo ada diantara kalian yg berdomisilisi di sekitar purwokerto , yogyakarta,Banyumas,Banjarnegara . Saya sedang mencari pengobatan alternatif yg efektif mengatasi ini . tolong ya teman 🙂

    • M Dwiki Firmansyah says:

      Ente punya masalah yg sama bro,umur jg udah 20 thn neh,ane jg masih gelagapan,dan yg skrng ini ane lakuin jadi gini;
      1.Tiap pagi sblm subuh(sekitar jam 4.30)coba hirup udara segar,seenggaknya 20x tarikan nafas
      2.Trus tulis kalimat dikertas karton,dan tempelin dikamar ente,kalo saya sih 2 kalimat, “saya harus berbicara dgn lancar dan lebih percaya diri” dan “setiap hari saya harus menjadi semakin lebih baik dalam segala hal” ,dgn ini akan mengubah mindset kita sedikit demi sedikit,karena sugesti berpengaruh besar
      3.Baca Alqur an tiap abis subuh dan magrib(kalo anda islam) dan perbanyak baca alqur an
      4.Selalu berfikir positif dan jauhi NEGATIVE THINKING BROH!!
      5.Perbanyak doa biar cpt sembuh dan tawakal.

      Sekian dan semoga kita diberikan kemudahan kedepannya biar cepet sembuh dari gelagapan,aamiin

      lebih lanjut,sharing2 yok di facebook,add saya ya,id:M Dwiki Firmansyah/dwiki_firmansyah@yahoo.com

  84. ratna says:

    asslamualaikm, sy seorang ibu yang mempunyai 3 anak. alhamdulilah saya senang sekali dengan perkembangan anak ke 3 saya pada umur 1 tahun sudah banyak sekali omongnya.sekarang dia berumur 2,5 tahun. 1 minggu terakhir ini sy perhatikan ngomongnya anak saya kok agak sedikit gagap. diawal pembicaraan sj. kalau sudah kedua sudah tidak lagi. misalnya bilang mama mimik susu, terus bilang lagi susunya dimana maka dia bilang ma…ma.. minta minta mimik. trus kemudian lancar susunya dimn? apakah ini masih dalam taraf wajar karena umurnya masih dua tahun atau anaknya punya potensi gagap. atas sarannya kami ucapkan terimakasih

  85. ray hannafi says:

    gan saya mau nanya, saya kalau ngomong nomor ko susah banget ya apalagi kalau di tanya sama guru brp nilainya ,itu ngomong nya susah banget contohnya:8koma25, 7koma5,sama 9 tolong donk gan saya butuh solusinya

    • Eri says:

      iya sama gan, ane juga kaya gitu.. pas di tanya nilai sama guru saya malah diem, pdahal mau bicara tpi susahnya minta ampun.

  86. Pingback: Cara Memperbaiki Nasib | Kumpulan Cara dan Pengetahuan

  87. HAKIM says:

    hm begini kawan2 ku yang budiman
    sebenarnya gagap itu ada 2 penyebabnya :
    1. faktor psikologis (70%)
    2. karena akar lidah yang tidak normal (jarang terjadi),

    inilah yang terjadi pada saya sewaktu saya masih kecil dan berlanjut hingga ke jenjang SMA , gagapnya parah… sangat parah :v
    tapi kemudian saya berfikir, bahwa tiap masalah pasti ada solusinya, saya mulai mencari banyak referensi tentang gagap, dan metode untuk menghilangkannya, sampai akhirnya saya bertemu seorang ustadz, dan ustadz itu menasehati saya, bahwa gagap itu adalah “ujian” untuk saya, dan yang bisa mencari jalan keluarnya adalah saya sendiri. saya tidak perlu ikutan HYPNOTHERAPHY cuma buang2 uang saja” kata ustadz
    akhirnya saya mencoba banyak hal untuk menghilangkan gagap saya, dan hal pertama yang saya lakukan adalah mengikuti kegiatan PERSAMIL pada bulan ramadhan. nah disitu saya memberanikan diri untuk membawakan ceramah dimesjid 3x seminggu, awalnya sulit sekali, bahkan saya sempat ditertawakan oleh jamaah, akan tetapi saya tetap mencoba dan mencoba hingga pada akhirnya SAYA BISA LEPAS DARI GAGAP
    setidaknya saya sudah membuktikan kepada orang2 yang dulu mencela dan menghina saya bahwa saya mungkin memiliki kekurangan, tetapi kekurangan itu tidak akan menghalangi langkah saya untuk bisa berhasil dalam segala hal !

    sekarang saya sudah kuliah semester 6, saya banyak memegang jabatan disetiap lembaga kampus, dan saya juga seorang muballigh termuda di kampung saya
    INTINYA adalah ” jangan takut untuk di hina atau dicela ”
    tetap semangat dan buktikan kepada orang2 yang mencela kalian bahwa kalian bisa lebih hebat daripada mereka
    😀

    • hanifa says:

      Subhanallah.. sungguh beruntung ka hakim bisa sembuh. saya ingin sekali ka sembuh. saya mahasiswa semester 2 di salah satu PTN di Surabaya. terkadang saat presentasi saya sangat terpukul karna kata-kata yg saya ingin ucapkan tidak keluar, sampai beberapa detik temen-temen serta dosen saya bingung, padahal saya cukup menguasai materi tersebut. saat seperti itu rasaya saya pengen teriak. :((((( saya anak rantauan yg berasal dari Kalimantan. sejak SMA saya sudah merantau. saya ingin sekali curhat ke ortu saya tapi saya takut mereka khawatir dan cemas, apalagi mama saya orangnya panikan:(( saya tidak mau membuat mereka bersedih. ayo kaka-kaka kita bikin komunitas daerah Surabaya:(

  88. zozo says:

    sy dulu jg sama gagap bro..dan sekrng sy sudah normal lg..tingkatkan rasa percaya dirimu bro…itu yang terpenting..terus sering baca buku dengan suara lantang..coba coba pidato (sendirian dulu klo malu)..insya allah bisa,,jangn lupa berdoa..plus tahajud…keep spirit..

  89. aisyah says:

    ea nehh gagap tu gx enx bnget 🙁
    hampir setiap hari gue nangis krn gagap
    apalagi setiap di suruh baca buku ma guru “aduhh mati seh gue”
    setiap hari di tertawain ma org, di gosipin,itu sakit hati bnget rasa nya tu mau mati…truss tangan gue langsung basah jantung gue dek”an
    APA SIH OBAT NYA _ KLO AD YG MUJARAP DI KASIH TAU DONG

  90. Pingback: Cara Menghilangkan Bau Badan Pd Anak2 | Tips Perawatan Badan

  91. muhammad reza syarifuddin says:

    Saya kan paya bilang nama saya jadi nya tu macam mana ya solusi nya

  92. Pingback: Cara Memperbaiki Diri | Kumpulan Cara dan Pengetahuan

  93. risya says:

    Sependeritaan dengan saya. Kadang suka minder. Malu ga pede

  94. cakep says:

    gagap suaranya ditahan tahan

  95. Milad says:

    Alhamdulillah saya gagap sudah sembuh kunci dari sembuhnya banyak bicara sama teman kamu yang dianggap akrab kan kalau ngobrol sama teman akrab pasti berani bicara disitu kita bisa aktif bicara & terus gabung komunitas yang kamu suka selalu aktif berani ikut serta berani bicara secara nggak langsung akan melatih kamu bisa bicara lancar depan umum. Kalau mau kopdar sharing saya terbuka silahkan saya senang bisa membantu.

    Milad Yaumil Karim
    Depok, Kelapa Dua
    HP SMS/WA 0857 1003 6594

    FB: Milad Yaumil Karim
    Twitter: @yaumilkarim

  96. Mohamad Saefudin says:

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Saya sendiri sering bingung kawan, Gue kalo bicara kadang sulit ( gagap ) kadang ga, tapi seringnya ngomongnya Gagap, Sebenarnya di hati sudah ada sesuatu
    \ Unek Unek yang mau keluar, Tpi tinggal ngeluarinnya yang sulit. Gue paling deg deggan kalo di suruh yang namanya ” BICARA “. Misal pas di sekolah sama Guru di suruh Presentasi\Bercerita, Pasti hati langsung deg deggan kencang banget ga karuan, Badan semua keuar keringan dingin, Selalu berkata di dalam hati ” Aduh, Mati dah Gue “.
    Tolong semua kawan, Berikan solusinya agar dapat bercicara lancar, berbicara dengan mudah, dan tenang. Terimakasih… Selalu semangat kawan. (y)
    Wassalamu’alaikum wr.wb

  97. TAQIM says:

    Aku gini gan..kalo bicara sama keluargaku atau org2 yg udh deket banget samaku bicaraku susah,,antara gagap,ngomong cepet,dan susah banget ngeluarinnya..dan keluargaku maklum2 aja krna bapakku pun mengalami hal yg sama,adikku juga tapi parahan aku,,
    TAPI aku kalo ngomong sama temen2 di kampus,sama Pacar :D, ataupun sama org2 yg belum aku kenal ataupun org yg aku hormati kayak Dosen dll LANCAR kok gan ngomongku,tapi kalo lagi kambuh2nya keluar juga Gan,,
    Makanya itu aku dikenal sama teman2ku aku orgnya jrg Marah,,Karna sebisa mungkin aku tahan,,Bayangin aja kalo lagi Kumat kan bisa berabe,,
    Ohya aku susah bicara pada huruf C kayak Cita-cita ataupun kata2 yg berulang..
    pengen sembuh 100%

    • Sama mas saya pun juga demikian. Meskipun saat ini saya sudah menjadi guru sukarelaawan pun masih saja gugup, bicara terlalu cepat, dan keringat bercucuran kalau lagi mengajar di depan kelas.

  98. johan says:

    Umur udah 40 an gini, masih juga gagap.
    Nasib, nasib.

  99. What’s up it’s me, I am also visiting this website regularly, this website is
    genuinely nice and the visitors are truly sharing nice thoughts.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *