Kiat Mempersiapkan Diri Jadi DBA Oracle

Banyak yang bertanya pada saya, terutama teman-teman yang mau lulus kuliah, “Gimana kiat-kiat mempersiapkan diri untuk jadi DBA Oracle. Dengan kata lain, Gimana sih caranya menggapai cita-cita jadi DBA Oracle?”

Saran saya:

  1. Belajar sendiri Database Oracle
  2. Ambil Training Database Oracle
  3. Ambil sertifikat Database Oracle
  4. Ikut milis dan forum Oracle di internet

Belajar sendiri Database Oracle

Belajar sendiri juga tidak terlalu susah, bagi yang mau. Untuk guide awalnya, saya pernah menulis Cara Belajar Database Oracle secara Otodidak. Saya juga pernah menulis Petunjuk Memahami Database Oracle berdasarkan tulisan-tulisan di blog ini. Daftar Artikel di blog ini juga saya susun berdasarkan kategori-kategori pokok database Oracle.

Ambil Training Database Oracle

Ada beberapa alasan kenapa kita mengambil training:

  1. Mempercepat menguasai materi database Oracle
  2. Males belajar dan explorasi sendiri. Emang paling enak dikasih tahu daripada nyari tahu sendiri 🙂
  3. Pernah mengambil training (apalagi yang bersertifikat) akan semakin mempercantik CV. Tetep, di mata penerima kerja, ada point lebih bagi yang pernah ngambil training database Oracle. Paling tidak ada bukti bahwa kita pernah belajar database Oracle.
  4. Tentu saja, karena punya dana yang cukup

Lebih lanjut tentang training Database Oracle saya bahas di Strategi Mengambil Training Database Oracle

Ambil sertifikat Database Oracle

Mempunyai Sertifikat adalah sebuah keutamaan (bukan keharusan), apalagi bekerja sebagai DBA di perusahaan konsultan (vendor). Sertifikat menunjukkan bahwa pemegangnya mempunyai pengetahuan yang mendalam terhadap database Oracle. Dengan pengetahuan dan pengalaman yang sama, pemegang sertifikat mempunyai lebih banyak peluang untuk mendapatkan pekerjaan dan gaji yang lebih tinggi.

Sekilas tentang sertifikasi database Oracle saya bahas di Sertifikasi Database Oracle. Juga lebih detail tentang Oracle Certified Associate (OCA) dan Oracle Certified Professional (OCP) saya bahas di Ujian OCA dan OCP Database Oracle 10g

Ikut milis dan forum Oracle di internet

Ikutlah milis dan forum di internet. Banyak ilmu yang bertebaran di sana. Contoh milis yang bagus adalah indo-oracle@yahoogroups.com. Boleh juga join di forum indo-oracletech.com.

This entry was posted in Developing DBA career and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

9 Responses to Kiat Mempersiapkan Diri Jadi DBA Oracle

  1. Ruben E. Pandapotan says:

    Pagi, Bpk Rohmad… salam kenal saya ruben. Maaf mengganggu, saya mohon Bapak juga memberikan informasi bagaimana kiat mempersiapkan diri menjadi oracle developer? Apakah ada ujian sertifikasinya juga untuk oracle developer? Terima kasih banyak Pak buat informasinya…

  2. Edward_Teman_RUben says:

    Ben, Mending Lo ambil Oracle di Limasindo, abis itu baru dech melanglang buana.

  3. toha says:

    mas knapa sya ga bisa download buku-buku yang mas saranin…….. mohon donk carangya???????????/

  4. isebu says:

    banyak juga ya pa yang harus dipersiapkan.. 🙂

  5. DECKY_ANAK_JAKPUST says:

    Salam sejahtera.. bapak ROHMAD, saya mau tanya bagaimana untuk mendapatkan sertifikat oracle (OCA), dan di jakarta dimana tempatnya ? dan untuk saat ini saya di kampus sudah menyelesaikan modul PL/SQL dan FORM BUILDER ! selanjutnya saya tidak tahu harus melanjutkan kemana ?? terima kasih.

  6. nugnug says:

    Siang pak Rohmad, mau tanya apakah dlm dunia kerja oracle ada pemisahan job administrator dgn developer, apa keduanya bisa digabung??

    Suwun,
    Nug

    • Rohmad says:

      Bisa digabung dan bisa terpisah. Tergantung job description-nya. Untuk di perusahaan konsultan, biasanya jobs DBA terpisah dengan job developer. Untuk di end user (bukan perusahaan konsultan), banyak yang digabung, tergantung kompleksitas pekerjaan, dan tentu saja tergantung assingment dari bos 🙂

  7. wandi says:

    Kesempatan menjadi IT profesional dari latar belakang pendidikan non-IT
    Persyaratan:
    – Lulusan S1/D3 jurusan apa saja dan tertarik belajar di bidang teknologi informasi.
    – Suka belajar dan memahami teknologi informasi
    – IP > 3
    – Akan dilatih menjadi database administrator (Oracle)
    – Masa percobaan 3 bulan.
    Email:wandidj1@yahoo.com

  8. nano says:

    Selamat pagi mas, saya tertarik sekali dengan pekerjaan menjadi seorang Database Administrator ini, dan kbetulan skrg saya sedang kuliah di jurusan IT, nah untuk menjadi DBA kira2 tahapannya itu apa saja yg harus saya pelajari ya? Sebab saya bingung harus belajar mulai dari mana dan mata kuliah apa yg kira-kira dapat membantu saya dalam memperdalam menjadi DBA ini ya?
    Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *