Investasi, Reksanada, Saham

Awal tahun ini saya iseng-iseng ikut investasi Reksadana saham dengan motto untung ya syukur, gak untung ya … jangan sampe deh 🙂 . Ada yang menarik di sini. Kalo tiap hari melototin pergerakan saham terus, wah bisa stress. Dalam sehari aset kita bisa turun 5% 🙁 Tapi, katanya nih… dalam jangka panjang hasilnya baru kerasa. Iya, itu kalo kondisi perekonomian dalam kondisi baik. Lha sekarang (2008)? Resesi dunia sudah di ujung mata. Saham-saham pada berantakan! Gak pa-pa, gak perlu kuatir. Duit bukan segala-galanya 🙂

Berikut ini cuplikan artikel-artikel berkaitan dengan investasi, reksadana, dan saham yang saya cuplik dari http://www.infovesta.com. Lebih lengkapnya silahkan klik link-nya.

_________________

Apa Itu Investasi?

Investasi, apa yang mungkin terpikir dalam benak anda saat mendengar kata ini? Apakah menyimpan uang dalam celengan termasuk investasi?

Banyak orang salah mengerti mengenai investasi. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan investasi? Bagaimana cara berinvestasi dengan benar? Apa saja yang disebut dengan investasi?

Sebelum anda berbicara mengenai investasi, ada baiknya anda harus mengenal terlebih dahulu makna dari kata ini. Apalagi bagi anda yang ingin melakukan dan memanfaatkan investasi untuk mencapai tujuan tertentu, maka anda haruslah mengerti apa itu investasi.

Mengenal Pasar Modal

Ingin melakukan investasi?? maka harus tahu dulu apa itu pasar modal serta manfaatnya bagi dunia perekonomian. Apa saja yang ada dipasar modal yang dapat diperjualbelikan sebagai sarana investasi yang dapat memberikan kemajuan bagi perekonomian, dan hal lainnya yang berhubungan dengan pasar modal. Temukan jawabannya disini!

Pengenalan Saham

Ada banyak sarana investasi yang bisa digunakan, setiap sarana investasi punya kemiripan dan perbedaan masing-masing. Salah satu diantaranya adalah saham. Bagi sebagian orang saham sangat dikenal sebagai sarana investasi yang cukup besar dalam memberikan return tetapi jangan lupa pada saham nilai risiko juga lebih besar. Disini akan diperkenalkan mengenai sarana yang satu ini dengan beberapa hal yang berhubungan dengannya.

Tipe-Tipe Saham

Saham memang salah satu sarana dalam berinvestasi, tetapi tahukah anda bahwa saham sendiri memiliki beberapa tipe. Perbedaan tipe saham akan mempengaruhi tingkat kepemilikan baik secara return ataupun untuk hak suara yang dimiliki dalam pengontrolan operasional perusahaan. Ada berapa tipe saham? baca saja topik ini!

Istilah-Istilah Dalam Saham

Ingin berinvestasi pada saham? Sebelum berinvestasi pada saham, anda harus tahu dahulu istilah-istilah mengenai saham. Istilah-istilah ini akan sering anda temui dalam berinvestasi menggunakan sarana saham, karena itu tidak mungkin anda tidak mengerti arti dari istilah-istilah tersebut. Ini akan menambah pengetahuan anda mengenai saham, bagaimana bertransaksi dengan saham dan lain-lain sebagainya.

Daya Tarik Saham

Mengapa banyak sekali orang yang tertarik pada saham? Apa sebenarnya yang menjadi daya tarik dengan berinvestasi melalui saham, padahal banyak orang juga tahu bahwa saham cukup berisiko. Atau ada hal
lain yang mempengaruhinya? Jika memang ada keuntungan yang cukup menarik bagaimana juga cara mendapatkannya?

Mengenali Obligasi

Pernahkah anda kelupaan membawa cukup uang hingga terpaksa harus meminjamnya dari kenalan anda?
Tentunya pernah. Kita semua tentu pernah meminjam uang dari seseorang. Dan ada banyak sebab mengapa kita perlu meminjam uang.

Serupa dengan hal itu, perusahaan dan bahkan pemerintah pun, mungkin dari waktu ke waktu perlu untuk meminjam uang. Tetapi, jumlah uang yang dipinjamnya adalah dalam jumlah yang sangat besar. Dan apa yang dilakukan oleh perusahaan dan pemerintah itulah yang disebut dengan penerbitan obligasi.

Selain obligasi disini akan juga dijelaskan mengenai pasar uang. Pasar uang, meskipun namanya demikian, tidak memperdagangkan mata uang. Yang diperdagangkannya adalah instrumen hutang berjangka pendek yang sangat likuid dan berisiko rendah yang diterbitkan oleh pemerintah, institusi keuangan dan
perusahaan, misalnya sertifikat deposito dan commercial papers. Waktu jatuh tempo dari instrumen ini bisa mulai dari sehari hingga setahun, tetapi pada umumnya berjangka waktu kurang dari 90 hari.

Apa itu DIRE (Dana Investasi Real Estat)?

Apa itu DIRE? Mungkin ini terdengar asing ditelinga kita. Tetapi DIRE atau dalam bahasa inggris disebut REIT (Real Estate Investment Trust) yang merupakan sarana baru dalam berinvestasi berbentuk KIK sedang diproses oleh BAPEPAM-LK. Meskipun berbentuk KIK dan mirip reksa dana, tetapi DIRE bukan reksa dana. DIRE juga memiliki 2 bentuk yaitu terbuka dan tertutup. Ingin mengenal DIRE? Baca topik ini.

Apa Bedanya DIRE Dengan Reksa Dana?

Meskipun DIRE berbentuk KIK tapi perlu anda tahu, DIRE bukanlah reksa dana. Lalu apa bedanya DIRE dengan reksa dana? Mungkinkah DIRE akan menjadi salah satu sarana investasi yang populer? Banyak kabar yang mengatakan bahwa sarana investasi ini lumayan menguntungkan, diluar negeri DIRE mendapat perlakuan khusus dari perpajakan tetapi belum tentu di Indonesia.

Apa Itu Reksa Dana?

Reksa dana merupakan salah satu sarana investasi. Apa Itu Reksa Dana? Apa keuntungan dan Risikonya? Apa saja jenis-jenisnya? Banyak hal mengenai reksa dana akan dikupas disini dan begitu anda tahu mengenai reksa dana, percayalah bahwa reksa dana merupakan sarana terbaik bagi anda untuk berinvestasi. Maka dari itu, anda yang ingin memanfaatkan reksa dana sebagai sarana berinvestasi, anda harus terlebih dahulu memahami akan reksa dana. Tidak baik bagi anda jika ingin berinvestasi tanpa mengenal terlebih dahulu produk yang akan anda jadikan sarana investasi.

Jenis-Jenis Reksa Dana

Terdapat banyak produk reksa dana, akan tetapi produk-produk tersebut dalam dikelompokkan menjadi beberapa jenis reksa dana yang ada. Setelah anda merasa mantap untuk melakukan investasi pada reksa dana, maka anda perlu mengenal jenis-jenis reksa dana yang ada agar anda dapat memilih
reksa dana untuk berinvestasi yang sesuai dengan tujuan, jangka waktu dan modal yang telah ditetapkan sebelumnya

Bagian Penting Dalam Reksa Dana

Untuk lebih mengenal reksa dana yang menjadi sarana investasi, anda dapat membacanya melalui prospektus reksa dana tersebut. Apa saja yang ada dalam prospektus? bukan hanya prospektus yang berpengaruh, bagaimana dengan nilai NAB? ditopik ini juga diberikan ilustrasi mengenai reksa dana yang dapat memperdalam pengertian anda mengenai reksa dana.

Bank Kustodian dan Agen Penjual

Ingin membeli reksa dana, tapi tidak tahu membeli dimana? apa ada agen penjual reksa dana? lalu apa fungsi bank kustodian? apa bedanya dengan agen penjual? serta apakah ada yang mengawasi perkembangan reksa dana di Indonesia? mungkin sejuta pertanyaan mulai muncul dalam benak anda, disini kami mencoba menjawabnya.

Istilah-Istilah Dalam Reksa Dana

Banyak istilah-istilah yang digunakan dalam reksa dana yang mungkin kurang umum bagi orang yang pertama kali melakukan investasi. Bukan hanya istilah akan tetapi apa kegunaan dari beberapa hal yang ada dalam reksa dana juga akan dibahas dalam topik ini. Anda tak perlu repot membuka kamus untuk memahami istilah-istilah tersebut karena disini kami menyediakan pengertian-pengertian untuk istilah-istilah umum yang sering digunakan dalam reksa dana.

Bagaimana Penjelasan Mengenai MI?

Ingin mengetahui lebih dalam mengenai MI? MI adalah Manager Investasi yang akan mengelola dana anda pada perusahaan reksa dana yang akan dipilih. Apa imbalan jasa untuk MI? Apakah MI juga salah satu faktor yang berpengaruh dalam memilih reksa dana? Bagaimana dapat mempercayai perusahaan MI yang dipilih? Topik tentang MI akan dibahas disini!

Proses Pembelian dan Penjualan Reksa Dana

Setelah mengetahui lebih dalam mengenai reksa dana, pasti anda tertarik untuk berinvestasi dengan menggunakan sarana reksa dana. Pertanyaan yang mungkin ada dalam benak anda adalah bagaimana cara
membeli dan menjual reksa dana? Bagaimana proses pembelian dan penjualan reksa dana dapat berjalan? Disini juga terdapat gambaran proses penjualan dan pembelian reksa dana.

Kapan Waktu untuk Membeli Reksa Dana

Kapan saat yang tepat untuk membeli reksa dana? banyak orang yang bingung untuk menentukan waktu yang tepat dalam berinvestasi di reksa dana. Bukan hanya waktu investasi yang harus diperhatikan tapi apa yang harus dilakukan setelah berinvestasi juga sangat penting untuk mencapai tujuan anda. Selain itu, anda juga harus mengetahui ketentuan-ketentuan umum yang ada dalam berinvestasi di reksa dana.

Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Melakukan Investasi

Dalam setiap investasi selalu terkandung unsur risiko, maka dari itu sebelum melakukan investasi ada beberapa hal yang harus anda ketahui terlebih dahulu agar saat terjun langsung dalam investasi anda tidak kaget dengan hal-hal baru yang akan anda temui, serta diharapkan dengan mengethui terlebih dahulu unsur-unsur ini anda dapat menyiapkan strategi untuk menyiasatinya

Apa Saja Kunci Sukses Dalam Berinvestasi Pada Reksa Dana

Setiap orang yang melakukan investasi pasti ingin sukses untuk mencapai tujuannya. Bagaimana cara untuk mencapai kesuksesan tersebut tidaklah sama bagi setiap orang. Kesuksesan diawali dengan memilih cara berinvestasi yang benar yang dapat membawa anda kepada tujuan yang ingin anda capai. Ingin tahu cara yang jitu agar sukses dalam berinvestasi dengan reksa dana? Jangan lewatkan topik yang satu ini!

Contoh Kasus

Dalam memahami reksa dana dan cara kerjanya tidak hanya cukup sebatas membaca, tetapi diperlukan contoh-contoh yang akan lebih menjelaskan mengenai hal-hal yang mungkin terjadi dalam kehidupan
nyata. Atau mungkin juga ada pertanyaan-pertanyaan yang terkadang tidak bisa dijelaskan hanya dengan teori. Disini kami menyediakan beberapa contoh kasus yang dapat memperdalam pengertian anda akan reksa dana.

This entry was posted in Investasi and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Investasi, Reksanada, Saham

  1. Pingback: bukadisini.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *