Hasil Pilkada Jabar, Harapan untuk Memotong Rantai

Walaupun belum final, berdasarkan hasil perhitungan cepat (quick count) Lembaga Survei Indonesia, hampir dapat dipastikan bahwa pasangan Ahmad Heryawan-Dede Yusuf (Ha-de) memenangkan pilkada Gubernur Jawa Barat. Ada nada pesimis dan optimis terhadap kemenangan pasangan ini.

Nada pesimis datang dari kalangan sekularis, adalah kenyataan bahwa Ahmad Heryawan adalah pentolan Partai Keadilan Sejahtera. PKS adalah Partai da’wah yang memperjuangkan Islam sebagai solusi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara (http://www.pk-sejahtera.org/2006/index.php?op=isi&id=110). Ini berarti, PKS tengah memperjuangkan penerapan syariah Islam di Indonesia.

Meskipun digebar-gemborkan bahwa PKS sangat mendukung dan memperjuangkan penegakan demokrasi di Indonesia, namun dalam dirinya sendiri PKS adalah ancaman bagi demokrasi itu sendiri. PKS menggunakan demokrasi untuk kendaraan politiknya saat ini, nanti setelah memenangkan percaturan politik Indinesia, maka syariat Islam akan diterapkan.

Nada optimisnya, berkaitan dengan pemberantasan korupsi di Indonesia. Pasangan Ha-de adalah orang-orang yang bersih, belum ‘tercemar’ dengan praktek politik ‘kotor’ yang biasa dilakukan pendahulu-pendahulunya. Kita berharap banyak pada pasangan ini untuk mampu memotong rantai tradisi pemerintahan yang korup. Mari kita dukung pasangan ini membangun Jawa Barat.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *