Sertifikasi Database Oracle

ocp.jpgDatabase Management System (DBMS), atau cukup disebut database, yang saat ini paling banyak digunakan oleh enterprise (perusahaan besar) adalah Oracle. Indikator paling gampang adalah lowongan pekerjaan Database Administrator (DBA) Oracle adalah yang paling banyak diantara lowongan DBA yang ada. Coba saja search vacancy di jobsdb.com dengan keyword “database” atau “DBA”, yang paling banyak muncul [hampir] pasti DBA Oracle.

Dengan banyaknya vacancy DBA Oracle itu, tentu menambah peluang bagi para pencari kerja. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dimiliki oleh para pencari kerja tsb:
– Pemahaman konsep database Oracle (wajib)
– Pengalaman sebagai DBA (biasanya wajib, tidak wajib bagi entry level)
– Training database Oracle (keutamaan)
– Sertifikat DBA Oracle (keutamaan)

Mempunyai Sertifikat adalah sebuah keutamaan, apalagi bekerja sebagai DBA di perusahaan konsultan (vendor). Sertifikat menunjukkan bahwa pemegangnya mempunyai pengetahuan yang mendalam terhadap database Oracle. Dengan pengetahuan dan pengalaman yang sama, pemegang sertifikat mempunyai lebih banyak peluang untuk mendapatkan pekerjaan dan gaji yang lebih tinggi.

Oracle mengeluarkan beberapa jenis sertifikat DBA
– Oracle Certified Associate (OCA)
– Oracle Certified Professional (OCP)
– Oracle Certified Master (OCM)

Saat ini, Oracle mengeluarkan sertifikat untuk database versi 9i, 10g, dan 11g. Sertifikat untuk database versi 8i ke bawah sudah tidak berlaku lagi.

Penjelasan tentang OCA dan OCP Database 10g ada di sini
http://rohmad.net/2008/04/15/ujian-oca-dan-ocp-database-oracle-10g/

This entry was posted in Concept, Developing DBA career and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

25 Responses to Sertifikasi Database Oracle

  1. Abiannisa says:

    Assalamu’alaikum pak rohmad,
    menarik sekali sertifikasi tentang oracle ini, saya sekarang bekerja di sebuah vendor yang menggunakan oracle developer 6i untuk application buildernya, dan saya berniat untuk ambil sertifikasi oracle, saran dari pak rohmad sebaiknya sertifikasi oracle yang mana, yang harus saya jalani? dan apa saja yang harus saya persiapkan? dan juga kalau bisa, tolong dijelaskan secara gamblang gambaran ujian sertifikasi oracle itu seperti apa? terima kasih banyak pak rohmad 🙂

    Wassalamu’alaikum,

    Abi Annisa

  2. rohmadne says:

    Wassalamu’alaikum.
    Job desc anda sebagai Oracle developer ya.
    Untuk form developer versi 6i: OCP Form Developer 6i
    Untuk form developer versi 9i:
    1. OCA PL/SQL
    2. OCP OCP Form Developer 9i

    Saran saya, ambil OCA PL/SQL 9i, kemudian dilanjutkan OCP Form Developer 9i. Kalau anda mengambil OCP 6i, tidak lama lagu akan expired.

    Lebih jelasnya bisa dilihat di sini:
    Untuk yang 6i
    http://education.oracle.com/pls/web_prod-plq-dad/db_pages.getpage?page_id=153
    Untuk yang 9i:
    http://education.oracle.com/pls/web_prod-plq-dad/db_pages.getpage?page_id=155

  3. m3tr0 says:

    dulu saya pernah ikut OCP dan berhasil lolos ujiannya. Tapi ada mis komunikasi antara penyelenggara les dengan saya, yang mengakibatkan tidak terkirimnya sertifikat OCP ke alamat saya.. namun penyelenggara kursus memberikan bukti kehadiran (keikutsertaan pelatihan OCP) kepada saya. PErtanyaannya… setelah 3 tahun berlalu (2 tahun berusaha mendapatkan sertifikat) bisakah saya mendapatkan kembali sertifikat itu? bagaimana menurut pendapat pak Rohmad.
    TErimakasih

  4. rohmadne says:

    Syarat mendapat sertifikat OCP memang harus ada paling tidak 1 training resmi Oracle. Syarat OCP:
    1. Lulus ujian untuk OCA
    2. Lulus ujian tahap selanjutnya (untuk OCP)
    3. Meregister training yang kita ambil tersebut ke Oracle certification service.

    Harusnya penyelenggara anda meregister training yang anda ikuti itu.

    Anda tidak menerima sertifikat karena:
    1. Training belum diregister
    2. Sertifikat sudah dikirim, cuma tidak sampai karena hilang di jalan atau alamat tidak jelas.

    Teman saya pernah mengalami yang kedua (sertifikat tidak terkirim) dan minta dikirim kembali, ternyata bisa.

  5. rifo says:

    pak rohmad mau tanya dong…ambil kursus oracle yang terjangkau dimana ya pak?? tapi yang lengkap ngebahas kisi2 yang akan di ujiankan..

    mohon pencerahanny pak..trus ada ga yang sistem jangan kebut sehari biasa kan sistem kebut 5 hari…saya pengen yang 2 ato 3 bulan jadi bener2 mantap…

    bisa kasih referensi ga pak

    makasih

  6. rohmadne says:

    Pertanyaan anda cukup panjang dan bisa saya buatkan artikelnya. Tunggu ya, sebentar lagi akan saya jawab di artikel.

  7. saya says:

    Saya baru aja lulus ujian Oracle Database 10g : Administration II dgn passing grade 98.5% & menguasai technical E-Biz 11i dan R12 tapi masih susah meningkatkan karir dan income nih 😛 kacian ya saya =))

  8. rohmadne says:

    Untuk rekan Saya, keep spirit. Tetep semangat. Kata orang tua, tetep sabar dan terus berusaha 🙂

  9. Hendra Putra says:

    Hello pak rohmad,

    Kenalin saya Hendra. Saya saat ini semester 6 dan akan menghadapi semester 7 untuk Tugas Akhir (TA) / Skripsi. Apakah bapak mengetahui perusahaan yang dapat dijadikan Tugas Akhir / Skripsi? Kebetulan saya sudah menyelesaikan Intro SQL,Pl/SQL, Workshop 1 dan 2.
    Mohon referensinya jika ada yang dapat membantu?
    Thx a lot^^

  10. rohmadne says:

    Hallo Mas Hendra.
    Kalau di tempat saya ada, pasti Mas Hendra saya tawarin, sayangnya tidak ada. Semoga studinya lancar dan cepet dapat tempat TA.

  11. hendra p says:

    Kalo pak rohmad,sudah lama tidak berkunjung ke website ini. Sejak post yang lalu saya sudah dapat tempat skripsi. Cm ada kendala karena topik skripsi saya setelah disadari cukup bikin “geger”. Topik saya mengambil tentang database ERP menggunakan oracle. Pertanyaan saya, (mohon bantuan nic,pak rohmad kalo bisa) dalam SQL 2005 dikenal dengan SODA (Service Oriented Database Architecture)… apakah bapak tau dalam oracle juga ada hal yang sejenis dengan hal ini… sapa tau bapak rohmad bisa membantu… soalna saya rasa,di SAP sendiri databasenya di enkripsi sehingga perancangan buat ERP Education dengan perancangan SAP yang sudah ada sulit dilakukan. Yang ada saat ini hanya melakukkan pengabungan tabel2 yang ada di S1,… s/d S2. Kemudian membuat aplikasina dengan c#. Oalah….. >_<…

  12. heriadi says:

    sy mau tany, apakah pd saat kita mau melamar pekerjaan, dgn melampirkan sertf OCA yg hanya di fotocopy apa itu berlaku??

  13. endina says:

    Pak, tolong banget informasinya, gimana cara ngambil sertifikasi Oracle? Apakah melalui tempat kursus, tolong jika bapak mengetahui tempat kursus sertifikasi & ujian oracle?
    Terimakasih

  14. faridh says:

    Pak, saya juga minta info nya untuk tempat training dan sertifikasi oracle di indonesia yang yahud dmana ya..????

    Thanks Pak!

  15. joy says:

    saya mo tanya pak,apa yang menjadi modal dasar kita agar bisa belajar oracle.tx

  16. Mamo says:

    Halo salam kenal, saya mo nanya donk ebook2 gratisan ttng oracle yg 11g soalnya mo blajar nih… tolong ya d ksi tau….

  17. arif danu says:

    assalamualaikum

    salam kenal pak rohmad.
    saya mahasiswa semester 3 jurusan sistem informasi.
    saya ingin sekali memiliki kemampuan dan juga sertifikasi oracle. saran pak rohmad saya mengawalai dari mana dan mengambil sertifikasi yang seperti apa.

  18. akbar says:

    terima kasih atas informasinya..
    saya jadi semakin tertarik dengan ORACLE..

    kisi-kisi untuk sertifikasi itu bisa di download g??
    terima kasih..

  19. feri says:

    aslkm pah rohmad,,, saya tertarik dgn oracle, kebetulan saya mhs smtr 7, wktu smtr 5 saya dpt matkul oracle database 10g,
    jujur saya tdk mengerti tentang oracle tp saya tertarik dan ingin belajar lebih dalam lg tentang oracle. saya ingin bertanya pd bpk, untk skrg ini oracle yg biasa dipergunakan di perusahaan versi brp pak? supaya nanti kl saya private tdk slh ambil jurusan . .

    trmksh atas perhatiannya pak . ..

  20. soebekti says:

    Apakah tidak keberatan apabila kami posting iklan kebutuhan tenaga dengan latar belakang oracle ?

  21. abah opik says:

    Bila Anda menguasai VB dan VB net , oracel , Kami membutuhkan Part time/full time sebagai programer. Hub 082126843007 / 087825998009 (abah opik)

  22. avanti says:

    Malam Pak Rohmad..apakah ada informasi tempat kursus oracle di sekitar jawa timur? yang saya tahu selama ini untuk kursus/training hanya ada di jakarta. terima kasih..

  23. andri wijaya says:

    selamat malam ,Pak Rohmat..perkenalkan saya andri wijaya.. mau bertanya tentang bagaimana cara mendapatkan sertifikasi oracle ?
    apakah ada biayanya ? apakah kalau sudah bayar bisa langsung dapat sertifikatnya ? apakah ada trainingnya ? terima kasih.

  24. Masuk_Kotak says:

    @andri wijaya,

    Sekedar membantu,

    sertifikasi oracle banyak jenisnya, seperti

    Database,
    Java dan Middlewares,
    Aplikasi,
    Virtualisasi,
    Sistem Operasi,
    dan lain-lain

    Saya tidak tahu jalur yang Anda (akan) tempuh. Namun yang populer di pasar Indonesia (kata siapa ya??? 😉) adalah Database: Oracle DBA.

    Level sertifikasi untuk Oracle DBA adalah:

    OCA, untuk bisa sampai pada level ini dan dapat sertifikat, Anda harus lulus dua materi ujian: SQL Fundamental (1Z0-051) dan Oracle DB Admin I (1Z0-052)Biayanya kira-kira Rp1.292.500,00 untuk 1Z0-051, dan $165 atau Rp1.562.715,00 untuk 1Z0-052Ini terlepas dari Anda mau ikut training atau tidak.
    OCP, untuk bisa sampai pada level ini dan dapat sertifikat, Anda harus lulus satu materi ujian dan mengikuti minimal satu kelas lanjutan training Oracle Database Administration, misal (Administration Workshop I Release 2), dan
    OCM, untuk bisa sampai pada level ini dan dapat sertifikat, Anda harus lulus satu materi ujian dengan durasi dan mengikuti minimal dua kelas lanjutan training yang lain, misal (Administration Workshop II Release 2)

    Yang jelas semua aktivitas di atas berbanding lurus dengan besarnya investasi (biaya) yang (akan) kita keluarkan.

    Lebih jelas-nya mengenai biaya lihat di situs resmi Oracle.

    regards

  25. Gita Utami says:

    Salam kenal pak

    Saya ingin mendalami kembali tentang database bukan hanya oracle tapi juga sql server dll. Bisa minta tolong tempat kursus yang recomended dan bersetifikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *