Mengatasi Kebiasaan Bicara Gagap


Photo by ALAMY / Telegraph.co.uk

Akhir-akhir ini umi sering resah. [Saya memanggil istri dengan sebutan umi]. Pasalnya Nisa, anak kami, sekarang ngomongnya tambah gagap. Dulunya sih gak ketahuan kalau gagap. Seiring dengan bertambahnya kecakapan dalam bicara, bertambah pula gagapnya.

Kata umi, “Wah, ini nurun dari ayahnya nih. Semua-semua nurun dari ayah. Gak mukanya, gak hidungnya, gak gagapnya. Hanya ceweknya aja yang nurun dari umi 🙂 “. Sekarang saya sih gak gagap. Dulu, waktu masih kecil dan remaja, saya itu gagapnya minta ampun. Orang-orang sekampung tahu kalau saya gagap. Yang gagap itu banyak, dan di kampung mungkin saya yang paling parah. Memang, kami dari keluarga yang gagap.

Bapak saya gagap. Ibu sih enggak. Dari empat anaknya, hanya satu yang tidak gagap, yaitu kakak (anak pertama). Yang paling parah gagapnya adalah saya dan adik bungsu. He… he… lucu ya, bisa anda bayangkankalau kami sekeluarga lagi ngobrol rame-rame 🙂

Saya masih inget, saya paling susah menyebut kata yang diawali huruf m dan p, misalnya “mmmememmmeja” dan “ppppapapappppppaling-pppppappaling”.

Konon, gagap itu lebih sering diderita anak-anak. Biasanya setelah dewasa gagap itu berkurang atau hilang sama sekali. Tapi juga banyak yang masih gagap setelah dewasa. Adik saya (anak ketiga) sekarang gagapnya berkurang. Si bungsu (sekarang kuliah semester 8 ) masih gagap, belum kelihatan kalau akan berkurang. Sementara bapak sedikit-sedikit masih gagap. Tahukah anda bahwa Winston Churchill dan Marilyn Monroe juga gagap? 🙂

Emang sih, dulu saya merasa terganggu banget. Saya paling takut kalau disuruh guru untuk membaca dengan keras. Ini salah satu yang paling saya takuti ketika di SMA, selain ketika menjadi ketua kelas. Menjadi ketua kelas itu sengsara banget, mesti laporan tiap mulai ataupun selesi pelajaran. “LLLLALALLLAPOR! KKKEKKEKKKKELAS SASASSSSSATU TTIGA SSSIAP MMMMEEEMMENGIKUTI PPPPEPEPEEPPPPELAJARAN FFFFISIKA” Paling parah kalau laporannnya panjang; jumlah siswa sekian, hadir sekian, kurang sekian, sakit sekian, ijin sekian, dan sekian-sekian yang lainnya. Waduh… tolong…. 🙂

Semakin saya takut, ngomongnya jadi semakin gagap. Tambah bingung jadinya. Saya gak mau terus-terusan menderita begini. Akhirnya pada suatu hari (waktu itu saya kelas 2 SMA) saya menemukan buku “Berpikir positif”. “Dengan berpikir positif, dunia akan kita kuasai”. Buku ini adalah awal dari perubahan besar pada diri saya. Setelah itu, akhirnya tidak ada buku-buku sejenis itu yang terlewatkan.

Pelan-pelan dan pasti, saya mulai membiasakan diri untuk berpikir positif. Saya juga mulai latihan membaca dengan suara keras. Untuk itu, saya sering nyari tempat di kebun belakang sekolah untuk latihan membaca lancar. Selain itu, saya juga latihan pidato sendiri, dengan atau tanpa teks. Intinya, saya harus bisa bicara lancar tanpa gagap. Gimana, ada gak di antara teman-teman yang sempat melihat saya latihan ini? 🙂

Di masa-masa kuliah saya menemukan banyak wahana untuk latihan menghilangkan gagap ini. Apalagi setelah aktif di suatu kelompok pengajian. Di situ banyak sekali diskusi yang melatih saya bicara lancar. Apalagi saya sering dipaksa ngasih sambutan ketika menjadi ketua panitia di suatu acara. Hingga akhirnya saya jadi pembicara pada pengajian kecil-kecilan.

Dan sekarang… selamat tinggal gagap. [Kadang-kadang sih masih kepleset ngomong gagap, tapi ini sangat jarang banget]. But, saya masih gak tahu, gagap saya hilang karena memang harus hilang atau karena saya telah berusaha sungguh-sungguh untuk tidak gagap (dengan latihan bicara lancar ataupun mengontrol emosi).

Gagap pernah akrab dengan kehidupan saya, dan akhirnya pergi meninggalkan saya. Kini, gagap iti datang lagi. Ia datang melalui Nisa, anak kami. Selamat datang, ahlan wa sahlan ya, G A G A P.

This entry was posted in Motivasi. Bookmark the permalink.

181 Responses to Mengatasi Kebiasaan Bicara Gagap

  1. aNdRa says:

    Ceritanya menarik mas, salut buat usahanya menghilangkan gagap. Maaf tadi saya sempat ketawa baca posting ini. Salam kenal ya mas, sy anggota milis Kota Pesantenan juga 😀

  2. rohmadst says:

    Jangankan Mbak Andra, saya juga suka ketawa-ketawa kalo ngebaca lagi, solanya inget yang dulu-dulu 🙂

  3. KutuKupret says:

    Mas, tapi kalau nulis lancar banget yah kayak air mengalir 🙂

  4. rohmadne says:

    Iya, soalnya tangannya tidak gagap 🙂

  5. piyut says:

    mad, pakabar? hehehe..long time no see you! 😀
    Gagap? hehehehe….aku masih inget waktu di jl mahoni perum II tangerang. Kamu sering banget ‘ngomel’ sendiri di balkon lantai 2 rumah kontrakan..hahaha.. seperti anak yang belajar membaca ya mad ? hahaha..adanya cuman ketawa klo inget kamu waktu jaman kuliah dulu…mungkin kalau ada bom, keburu bom nya meledak sebelum kamu ngomong…hahaha..tapi itu kan dulu…!! sekarang bapak satu ini sudah beda, dari tulisan kamu katanya sudah tidak gagap lagi kan ? Good job for you lah mad!!!

  6. rohmadne says:

    Kabar baik, Om.
    He…he… ternyata ada lagi temen yang memergoki aku belajar ngomong. Asli, aku jadi malu nih. Tahu gitu aku belajarnya di dalam kamar aja 🙂

  7. icha says:

    saya juda gagap,mas…
    bagaimana yah cara menghilangkannya?
    saya jadi kurang percaya diri..

  8. rohmadne says:

    Orang gagap awalnya merasa biasa-biasa saja. Seiring dia dewasa, dia semakin merasa bahwa gagap adalah sebuah kekurangan. Lebih lanjut, dia semakin merasa rendah diri dan tidak percaya diri. Hal ini persis pernah saya alami.

    Justru itu, rasa rendah diri dan tidak percaya diri semakin membuat semakin susah untuk menghilangkan gagap. Jadi, langkah pertama adalah MENERIMA apa adanya. Setelah menerima ada adanya, berarti kita siap melakukan perubahan pada diri sendiri.

    Ambisi yang terlalu kuat, dalam hal ini ambisi untuk menghilankan gagap, kadangkala (sering) justru malah menutup kemampuan kita untuk berubah. Sekali lagi, yang pertama dan utama adalah MENERIMA apa adanya, bahasa kerennya IKHLAS.

    Selanjutnya, mulai berlatih untuk ngomong lancar. Dulu yang saya lakukan adalah:
    1. Latihan membaca keras. Kalau malu, lakukan di kamar tertutup rapat
    2. Latihan pidato sendiri
    3. Kalau perlu ngomong sama kursi, tembok, atau tempat tidur sendiri.

  9. yasmin says:

    salam kenal…. saya baru bikin blog nih. katanya kalau mau banyak teman kudu sering-sering kasi komen ya. Baiklah saya kasi komen ini. Asyik ya bisa mengalahkan gagap, saya pun demikian, usaha terus, cuma ya gitu gagap saya tetap nggak hilang, walaupun nggak selalu muncul juga

  10. isaac says:

    terapi air panas campur garam efektif hilangkan gagap.

    caranya tiap pagi air panas yang sudah dicampur dengan garam disiramkan diubun-ubun. lakukan tiap pagi, insya allah sembuh.. pantangan : jangan minum es..

  11. Adhi says:

    Artikel yang bagus.
    Gagap dapat disembuhkan dengan 1x 5.5jam terapi di klinik hipnoterapi , bahkan percaya diri bicara bahasa Inggris dan hipnoterapi anak-anak juga kami lakukan cukup 1x datang.

    Adhi Susilo – http://hipno-bicara.blogspot.com

  12. Adhi says:

    Artikelnya sangat bagus.
    Gagap dapat disembuhkan dg 1x terapi holistik 5.5 jam. Di http://hipno-bicara.blogspot.com ada VIDEO hasil terapi / hipnoterapi gagap serta KESAKSIAN pasien.

    Salam sukses,
    Adhi – http://hipno-bicara.blogspot.com

  13. annie says:

    emmm …. pengalamannnya sama banget tuh ,,
    saya juga gagap loh .. !
    malahan sering juga diledekin temen2.
    dan sewaktu SMA saya pernah jadi ketua salah satu organisasi. justru saja itu sangat membebani , teringat bahwa aQ gagap..
    namun dilain pihak juga, teman2 selalu menyuruh saya yang bicara pada guru jika ada kpentingan dalam kelas, karna menurut mereka saya berani.
    ya saya BERANI !!!!
    saya berani walaupun tau konsekuensinya..
    sekarang saya sudah menjadi mahasiswa .
    dan gagap tersebut mulai berkurang ,
    malahan saya ditunujuk kembali menjadi ketua organisasi !
    yang terpenting , kita percaya untuk bisa !
    dan BERANI untuk BISA .

  14. fadly says:

    mas aku mahasiswa semester 8 ni? aku takut banget kalau aku ngak bisa lulus karena takut sewaktu di sidang nanti ? please bantuin aku……. masssss

  15. helmi says:

    saya gagap dr SD smpe skrg g smbh2.mau cri kerja jg jd susah.saya jd hampir putus asa dg hidupku ini.kt org itu krn psikologis.Stlh ku pikir dr kcl klrgaku g prnh harmonis,tp ap emang krn itu???????????????ada yg pny solusi?

  16. Muslih says:

    Saya jg gagap yg ckup parah dari kecil…tapi baru-baru ini saya brhasil menemukan dokter yang bisa melakukan hipnoteraphy.Saran saya cari az dokter yg bisa hipnotheraphy,trus dari situ ntar dihypnotherapy dc skalian dikasih tips atau latihan2 yg bsa dilakuin dirumah,Alhamdulillah bicara saya jd jauh lebih lancar,trgantung ketenangan kita az lagi dalam berbicara ny.Orang yg g gagap tp kl ngomong ny g tenang bisa jgkan gagap.Hehehehe

  17. afid says:

    saya udah kuliah sampe semester 2 dan sampe sekarang masi gagap,, cerita mas ini ngangkat semangat saya lagi buat lepas dari keadaan ini,, doakan aja y,,
    syukron,,

  18. Lutfi says:

    salam kenal semua…
    saya juga dulu gagap. hal yg paling saya takuti waktu kuliah, karena banyak sekali mata kuliah yg mengharuskan saya presentasi di depan dosen dan mahasiswa lainnya. awalnya memang berat, tapi karena terpaksa alias kepepet akhirnya bicara saya lancar juga. malahan waktu sidang skripsi lancarnya minta ampun, (Alhamdulillah, saya juga merasa aneh bin ajaib). trus waktu saya menikah dan ijab kabul… ini yg paling mantap. LANCAR banget… sampe penghulu dan saksi lsg bilang, SAH ga pake ngulang. yg saya pikir waktu mau bicara, kondisi hati rileks dan tenang, tarik napas dalam2 dan bilang pada diri sendiri “SAYA LANCAR BICARA”.
    smoga ini dapat membantu teman2 lainnya.

  19. ahau says:

    ia… mas..

    saya sekarang… baru akan lulus sekolah…
    saya dari sd sampai sekarang,., masih sering suka gagap…

    apalagi kalo lagi menerima telepon or menelepon orang….
    kadang2 orang tersebut tidak sabar dan langsung ditutup teleponna…

    jadi saya harus bagaimana untuk dapat menghilangkan gagap saya…???

    tolong dibantu…thx

  20. kHo says:

    slam knal,saya dah 26th mndrita gagap,wkt sma prnh hlang bicara lancar bgt tp skrg kambuh lg,plg susah kl mo bertanya,dah brobat,terapi,mpe k dukun sgala ttp aja gagapny g ilang,apakh gagapku br ilang?tlongny…

  21. gilang says:

    mas, kt sih sama saya juga gagap tapi saya harus berjuang menghilangkannya

  22. nur says:

    gmana ya biar lancar bicara dan tegas

  23. Galih says:

    Sd,smp sie g gagap!Tpi klz 2 sma agak gagap dkit!Kt tmen sie,k’bnyakan onani jg,dpt m’ngakibatkan k’ gagapan!

  24. nasroel says:

    ahlan wa sahlan. saya juga gagap mbak, kalo mbak sudah ada solusi tolong kim ya mbak. soalnya saya malu di sekolah ato d mn gitu. gagap saya dulu tdk seprh skrg mbak. dulu saya masih bisa bicara sedikit2 didpn umum, dan saya sering adzan dan tadarus di Masjid, tapi karena ggp sya lbih parah. Ramadhan ini sya gak tadarus di masjid mbak, thank

  25. Josh says:

    saya mahasiswa UPN…
    saya juga gagap,suatu hari saya jadi panitia OSPEK
    pas mau perkenalan diri di depan mahasiswa baru
    gagapnya minta ampun,semua maba pada ketawa semua
    hahahah….
    yg pentig trima aja apa adanya,suatu saat akan sembuh

  26. Michael says:

    Saya juga mengalami hal ni sejak kecil dan pernah terpikir untuk bunuh diri karena saya takut masa depan saya sudag tidak ada….
    Tetapi karena dorongan ibu saya yang mengatakan kalau hal tersebut bukanlah hal yang memalukan dan mendorong saya untuk tetap lebih giat membuka diri dengan teman-teman…
    Hal tersebut saya alami sampai akhir kuliah saya dan rasa percaya iri saya mincul ketika saya pertama kali berhasl mempresentasikan tugas akhir saya . Semenjak itu saya mulai lancar berbicara sampe saat ini di lingkungan kerja saya….

    Tetapi gagap tersebut sepertinya muncl kembali kepada anak saya Sonny Valentino.. Untuk itu sepertinya saya harus berusaha keras memberi dorongan dan motovasi agar hal negatif yang sebelumnya menghatui masa anak-anak saya tidak akan dirasakan olehnya…..
    Bagi rekan yang merasakan hal yang sama…. JANGAN PERNAH MENYERAH DAN TERUS BERJUANG…..

  27. mally says:

    oh,,,,ya. aku juga gagap tapi aQ udah berusaha semaksimal mungking untuk mengatasi penyakit ini.tapi sampe sekarang aq blum dapat caranya.waktu aq msih kecil tidak sperti ini tru,,,,,,,,,,,,,s setelah aq mau masuk kuliah gagapnya semakin bertambah sampe sekarang.bukan karena ngak brani,,,,,,,,,,,,cuma aq ngap bisa menguCapkannya di dalam kelas maupun aq bicara sama tman aq.
    GIMANA CARANYA,,,,,,,,,,,,,,,,,YA?

  28. yogi says:

    mksh za cori klo td ktw tp sya jga ga2p n thanks ya ats solusinya

  29. agus sugiarto says:

    ceritanya sama kaya’ saya tp kl saya disruh jd pengurus masjid ngacir gak pernah muncul, trus disuruh jadi ketuanya PKS ngacir juga, saya jg latihan ditengah sawah kaya orang gila jdnya, soalnya teriak2 sambil tengok kiri kanan siapa tahu ada orang, waktu nikah, ijab kabul pemegang rekor sampai 7x, sampai modinnya kecapaekan sendiri, punya anak yg nomor 2 waktu umur 3th hampir aja niru ayahnya, trus saya ajari omong pelan, Alhamdullillah berhasil. Skarang nekad merintis usaha servis alat, terpaksa deh harus nelpon perusahaan2 yang kadang berlepotan, tp skarang harus trus maju soalnya lebih tenang dr pd dulu

  30. liez says:

    gmn kbr nisa skrg? smg ud smbuh gagap nya ya..

    btw, seneng bs liat rohmad.net lagi..coz beberapa waktu yg lalu smpet kemari, cmn kaya kena hack gitu… Alhamdulillah, skrg ud sembuh jg hack nya ya.. ^^

  31. chandra wijaya says:

    usaha yang bagus dan menarik untuk dibaca orang mas..
    saya sekarang jg masi gagap .. dan berusaha untuk menghilangkan gagap tu dalam kehidaupan saya.. tapi emnk tidak mudah dan sampai sekarang masi blm teratasi..
    bole tw mas buku yang dibaca tittle ny paan y
    thans

  32. Blog ini saya asuh untuk menangangi sahabat-sahabat yang mengalamai kegagapan. Saat ini metode yang kami lakukan dalam latihan bersama yaitu dengan menggunakan metode SOFT CONTACT. Biasanya latihan bersama di adakan di Jakarta tepatnya di Citos.

    Silahkan ke http://gagapbicara.wordpress.com untuk informasi lebih lanjut

  33. hb says:

    Artikelnya bagus,, memotivasi saya untuk sembuh..
    Mas,, proses sembuhnya berapa lama yah..
    aku jg kena gagap dari kecil,, sekarang pas kerja dah mendingan sih…
    paling kerasa untuk ngomong susah itu pas harus bicara spontan .. beuh.. kayanya serasa mampet banget nih mulut..
    tapi kalo jadi pembicara di meeting yang tenang lancar..
    pengen deh kaya mas yang bisa sembuh

  34. bay.. says:

    aku jg punya pengalaman lucu..
    aku gagap, trus baru kemaren naek taksi blu* bird dari customer mo ke kantor ketemu supirnya gagap jg..
    jadinya kebayang dong ngobrolnya 2 orang gagap
    hihihi.. sampe sekarang masih ketawa ngingetnya 😛

  35. Ircham Asrori says:

    mas,,,sebelumnya terima kasih atas pengalaman nya,,, semoga saya juga bisa meninggalkan seperti yang mas alami… doain yaaa,,,,,

  36. Genevieve Lynch says:

    Waduh,,,CONGRATULATIONS mas! saya umur 14 tahun klas 3 SMP. [curhat dulu ah,,,mumpung gratis!]
    saya dari Montgomery City-California. papa sy orang sana dan ibu saya sulut. dulu swaktu msi di CA,saya khan gagap…bnget! jadi LANTARAN malu ma org2 barat,saya mah pindah ke Indonesia [bru 2 tahun],trus sya bingung nih….gmana biar gak gagap lagi,coalx setiap orang chose me to pray in front of the class,i’m very embassy! jadi sy nggak pernah mju….tapi syukurlah ada beberapa org yang dah sembuh….smoga gagapnya gak dtang lagi!! lol

    tapi bwt sya,,,ini amat MENYIKSA!

  37. Vebry says:

    Woyoi.. salam damai semua..
    GAGAP.. selalu jadi momok yang menakutkan buat saya. Saya mahasisw semester 13, saya gagap parah. Padahal saya jurusan pendidikan dan insyaallah jadi guru?? Bisa dibayangkan saat saya mengajar murid2, dan tiba2 saya gagap..pasti murid2 akan menertawai saya. pengalaman saat PPL, saya masih gagap dalam mengajar. tapi saya terima semua ini dengan ikhlas dan saya anggap ini sebagai anugrah dan ciri khas saya.. tapi saya juga berusaha dan sangat2 ingin gagap saya sembuh.. semoga saja.. amien..

  38. Novitri says:

    Dr DLu BcR Q Ga2p q mlu bgd.GmN cRa mEnGhlNgkN nY

  39. Sandyy says:

    saya sedang masa suliitt , saya masih 2 smp , saya bicara sering gagap , dan sering di ledek . sampai sekarang saya masih ragu kalo berbicara , kadang biasa kadang gagap..
    tolong bantu saya mengatasinya dgn cara yg mudah tanpa harus terapi .. bantu saya please …. makasi .

  40. Dal igbal says:

    Gagap?Trima aja gak usah pake malu,tu nikmat Allah arrahman,obatnya gampang aja,kelaut truz teriak”cape dech”

  41. Dal igbal says:

    Q jg gagap n skrg gi kuliah smt 8,obatna gampang aja yg pnting kita tau kalo Allah mncoba krn ada maksudX,bg sodaraku yg muslim cra ngobatinnya,yakni dgn mmbca ALQUR’AN,sbab alquran adlh asyifa/pnyembuh,slain obatin gagap,quran jg utk mnjernihkn mata,hati ?

  42. Dal igbal says:

    Q jg gagap n skrg gi kuliah smt 8,obatna gampang aja yg pnting kita tau kalo Allah mncoba krn ada maksudX,bg sodaraku yg muslim cra ngobatinnya,yakni dgn mmbca ALQUR’AN,sbab alquran adlh asyifa/pnyembuh,slain obatin gagap,quran jg utk mnjernihkn mata,hati ?

  43. Dal igbal says:

    Q jg gagap n skrg gi kuliah smt 8,obatna gampang aja yg pnting kita tau kalo Allah mncoba krn ada maksudX,bg sodaraku yg muslim cra ngobatinnya,yakni dgn mmbca ALQUR’AN,sbab alquran adlh asyifa/pnyembuh,slain obatin gagap,quran jg utk mnjernihkn mata,hati ?

  44. Dal igbal says:

    Q jg gagap n skrg gi kuliah smt 8,obatna gampang aja yg pnting kita tau kalo Allah mncoba krn ada maksudX,bg sodaraku yg muslim cra ngobatinnya,yakni dgn mmbca ALQUR’AN,sbab alquran adlh asyifa/pnyembuh,slain obatin gagap,quran jg utk mnjernihkn mata,hati ?

  45. dede says:

    Ya Allah…….ternyata banyak juga ya orang gagap!!! dulu ana kira cuma ana seorang diri di dunia ini. dulu saat SD-SMP ana juga gagap.rasanya malllllu bgt, karena sering di ejek dan di ketawain sama teman-teman, maunya menyendiri aja biar gak ada yang tahu kalo ana gagap. tapi seiring dengan bertambahnya umur dan keadaan sosial yang mengharuskan seringnya berinteraksi dengan orang lain akhirnya timbul motivasi dalam diri untuk menyembuhkan penyakit ini. Dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah maka hati menjadi tenang dan sering berlatih, juga kalahkan rasa takut, pasti gagap itu bisa hilang, seperti keadaan ana saat ini.

  46. asE says:

    bagi semua teman-teman yang mempunyai “keistimewaan” gagap, jangan pernah malu. gagap bisa diatasi seandainya kita punya kemauan yang cukup. saya punya referensi untuk mengatasi gagap. tapi yang paling penting dari keseluruhan cara di bawah ini adalah MOTIFASI. tanpa motifasi, apapun yang kita lakukan tidak akan pernah berhasil dengan maksimal. caranya adalah :
    1. kesadaran dalam berbicara, sadarilah kalau kalian sedang berbicara. berbicara adalah sebuah ketrampilan, jadi harus dilatih.
    2. perluas wawasan, karena dengan wawasan yang luas bahan pembicaraan juga akan semakin banyak dan semakin kita kuasai. dan dengan menguasai bahan pembicaraan kita akan semakin lancar untuk berbicara.
    3. perlambat tempo berbicara dengan memperpanjang bunyi vokal. bunyi-bunyi vokal akan sangat membantu dalam memperlancar konsoman-konsonan yang sulit untuk diucapkan (k, c, l, m, t, p, b). misalnya kata “ketrampilan”, bisa kita perpanjang menjadi keeetraampiilan.
    4. gunakan irama saat berbicara dan hindari berbicara dengan irama yang datar. dengan irama, bicara kita akan semakin enak diucapkan disamping juga enak untuk didengar. bukankah kalian tidak pernah gagap saat bernyanyi?
    5. gerakkan tangan dan kalau perlu kepala untuk membantu mengeja kata-kata sulit. dengan gerakan tangan dan kepala letupan udara yang keluar dari mulut akan semakai mudah untuk dikeluarkan, karena biasanya huruf-huruf yang sulit untuk diucapkan adalah huruf konsonan letup.
    6. LATIHAN, LATIHAN, DAN LATIHAN. inti keluar dari problem gagap adalah selalu latihan, karena bicara adalah ketrampilan yang hanya dapat dikuasai dengan baik melalui latihan yang teratur.
    7. cara yang terakhir adalah dengan berpikir positif (ikhlas). jangan pernah ada pikiran kalau kita akan gagap saat akan berbicara, kalau kalian mempunyai pikiran tersebut maka apa yang kita pikirkan akan menjadi sebuah kenyataan. jadi pikirkan saja dan setinglah pikiran kita bahwa semuanya akan lancar dan semuanya akan baik-baik saja. ingatlah saat di mana kalian berhasil untuk tidak gagap. dan ingatlah saat kalian lebih berhasil lagi untuk tidak gagap, dan seterusnya. maka mindset ini kan berjalan lebih baik dari hari ke hari.

    sekian masukan dari saya, semoga bermanfaat untuk semuanya. kalau masih ada yang perlu dibahas hubungi saya. kita akan diskusikan lebih lanjut.

  47. RIZA says:

    Saya mahasiswa smester 5, di salah satu perguruan tinggi swasta di bandung..saya mulai gagap bicara ketika saya masuk TK, sampai skrang tu gagap blum juga ilang…mungkin ini terjadi akibat percerai an ORTU saya….dan mungkin juga karena saya waktu itu tinggal sama ibu saya yg strees berat akibat ayah sya selingkuh, setiap kali saya melakukan kesalahan,,,ibu sy slalu melampiasakan kemarahan’y ke saya,,,,dipukul di cepret..di masukin di wc yg Gelap…dll,dan ketika sy nangis, sy dipaksa untuk berhenti seketika…seperti yg tersendak-sendak…. mugkin ini penyebab gagap saya…tapi gk tau juga sih??????
    setelalah sy membaca semua komen situs ini ternyata banyak juga yah yang gagap…….Gimana klau kita bikin Komunitas…mungkin ini bisa membantu…entah satu minggu sekali kita kumpul untuk latihan mengatasi gagap kita ini….saya berfikir dengan cara menggumpulkan orang2 yang gagap kemudian kita latihan bersama akan mempermudah penyembuhan’y…sperti latihan pidato,,,presentasi,dll. coba pikirkan oleh kalian semua…1).lebih tenang mana ketika kita presentasi di dpn banyak orang yg tidak gagap / 2) presentasi di depan byk orang yg gagap????
    saya akan memeilih NO 2 karena yang presentasi,,, sama yg melihat sama2 gagap….jadi sudah tau satu sama lain….oleh karena itu saya ingin sekali membentuk komunitas gagap…dan saya mohon dengan sangat kpd orang2 yang sudah sembuh dari gagap nya..untuk membagi pengalaman2 nya kapada kami…… untuk komukasi selajutnya….untuk membuat komunitas gagap ini please add Facebook: riza.usman@gmail

  48. Ryu says:

    Mass, Sru tuh cerita,
    pasti usahanya keras bangat y buat hindari gagap, BTW aku skrng juga gagap, tapi kadang c terutama kalo situasi lagi ga terkendali

    belajar dari pengalaman itu, ntar aku coba ….
    thnks mas

  49. ernawati says:

    saya penderita gagap bicara,terus terang saya merasa sangat2 minder. saya dah putus asa apakah gagap saya ini bisa sembuh atau tidak. mohon bantuannya.

  50. RIZA says:

    BUAT yang domisili bandung…gabung yu… di Komunitas gagap….melaui grup facebook (komunitas stuttering bandung) kita sharing tentang masalah kita

  51. henry says:

    haha…
    Saya Henry kls 3 sma..Saya jg gagap… Klo bicara biasa sihh, gagap saya hilang. Tapi klo disuruh membaca ato kasih pendapat di dpan kls (oh my God) jdi mematung dan ga dpt brkata2…….
    Gw paling sulit ngomong kata yg dpnnya
    TRA,tri,tru,tre,tro..kra,kri,kru,kre,kro…pra,pri,pru,pre,pro….. Dan banyakk lagiii..
    Tingkat percaya diri langsung turuuunnn 🙁

  52. afandy says:

    Saya jg dlo waktu Smp gagap mas, tpi sekarang jg masih gagap sih, tapi dikit2…
    saya masih ingt wktu saya di suruh membaca dgn suara yg keras di kls… waduh “_” gagapnya minta ampoen,
    yg lebih memalukan lg, saya satu kelas dgn pacar saya. dan dia duduk di bangku belakang. dan saat dia liat saya gitu adddddduhhhh, rasany mau mati aja. meskipun dia cew yg terima saya apa adany…
    Saya ada sedikit tips ne :
    caranya saat awal memulai berbicara yg kira2 akan ggap,
    tarik nafas dalem2 truss keluarkan dari mulut, nah…
    saat di akhir nafas keluarkan bersaamaan dengan kata2 yg akn di lantunkan scra spontan, hal ini akan menipu otak bawah sadar yg mengira kita akan mngeluarkan nafas saja.
    Yg terpenting tetaplah percaya diri.
    THX for share’ny mas rohmad

  53. gunawan says:

    ya tu crita gW bGt Lh!!!
    bantuin donk solusi.a gmn??
    kirim y via e-mail!

  54. wayan dri bali says:

    saya penderita gagap pda saat membaca di kls bgaimna ya cara biar gag gagap gtuuuu????tolong ya saya

  55. gernanda says:

    saya mahasiswa semester 1 . .
    saya juga penderita gagap dan skrg sedang mencari2 cara untuk sembuh dari gagap . awalnya sempet ngerasa putus asa tp setelah baca komen temen2 motivasi saya terangkat .
    ayo temen2 yang punya masalah sama kita saling mendoakan smoga gagap kita bisa hilang . amiin

  56. Milad says:

    Saya juga gagap, saya baru masuk kuliah, malah jurusan kuliah jurusan yg memaksa saya banyak bicara. Tadi beneran saya sempet sedih, setelah baca info disini saya jadi termotivasi semangat untuk sembuh dari gagap. Oya sekalin saya tinggalkan nomor hp saya: 085710036594

  57. Indra says:

    Gagap bisa dihilangkan dengan cara berbicara pelan dan berfikir tenang. Biasanya gagap akan lebih para Kalau kita berbicara kepada orang yang belum kita kenal atau kepada orang penting, orang galak atau serem, atau ketika ingin mengutarakan sesuatu yg kita anggap sulit diterima. Saya punya tips.
    1. Yakinkan diri sendiri “aku lancar bicara”
    2. Anggap lawan bicara kita adalah orang biasa seperti kita (hal ini utk meningkatkn rasa percaya diri)
    3. Untuk mengadapi lawan bicara yg kasar atau galak, anggap itu obat mujarab, krn anda perhadapan dgn org yg levelnya dibawah anda sehingga anda lebih pede dan bisa menguasai keadaan, tentunya kita hrs menghindari kekerasan.
    4. Gunakan teknik berbicara ala reporter, terutama saat bicara didepan org banyak atau saat pidato
    5. Sesekali bercanda utk mengendurkan ketegangan, sehingga kkta lebih rilek.
    Smoga bermanfaat buat semua. Salooom

  58. deny says:

    saya dulu gagap tapi hilang sendiri,dan skarang mulai lagi gagapnya….setiap huruf/kalimat yg saya baca pertama kali kadang-kadang gagap…setelah huruf/kalimat ke 2 tdk gagap lagi…ketika mulai pidato gagap ini sangat menyusahkan sehingga ketika saya membaca sya harus menekan suara/merubah suara….bagamana solusinya?

  59. eka says:

    low aku mas ……tiap bcra atau ada pendapat yang hrus aku bicarakan ddlm suatu meeting pst aku dah dagdigdug sblm aku ngomong…makanya aku jg gagap n g pas apa yang ada dlm hti aku,,,tlg ya solusinya.

  60. Rangga says:

    sama ne kaya akuh klu interview kerja pasti blepotan karna ggap..gman nne .

  61. BAGUS GETS says:

    crita’nya menarik banget…jadi ketawa-ketiwi sendiri….saya juga masih sampe skrang….dan sy akan mencob tips2 yang sudah saya baca….thanx buat tips”‘nya…kalau anda bs saya pasti bisa…hehehehe

  62. ujang says:

    maaf mas, saya mau bertanya.saya sekarang kelas 3smk n sbntr lgi mau kuliah. saya dari umur 8 thn gagap, waktu itu saya hampir di seruduk sapi beranakan lalu saya terkejut serentak sambil ketakutan, semenjak itulah saya gagap. bahkan sampai sekarang aku tidak punya pacar karena aku tidak bisa berbicara. padahal penampilanku alhamdulillah sempurna. tapi, gagap membuatku tak berdaya. tolong mas sarannya di tunggu. wslm

  63. Chika lytia says:

    waw.. G..A..G..A..P..merupakan hal yg super duper menyeramkan…secerdas apapun n seberbakat apapun diri kita, akan percuma saja tanpa komunikasi yang mumpuni..
    aku sendiri pernah mengalaminya..perasaan demikian begitu menyiksa n bahkan aq merasa ini bakal jadi kunci kegagalanku di kemudian hari??
    MENYERAh???
    no way!!! tidak ada kata menyerah dalam kamusku..
    aku merasa tidak lahir sebagai orang gagap..kita semua adalah manusia yang sempurna terlepas dari mereka2 yang memang cacat sejak lahir..
    hal yang membuat aku gagap adalah pengalaman ketika seringkali mendapatkan kekerasan dari ortu akibat hal-hal yang sepele pada waktu kecil, n tentunya berimbas sampai bertahun-tahun kemudian..
    MENYESAL??
    aku tak pernah menyesali hal ini, cz yakinlah perlakuan buruk apapun yang telah kita alami saat kita kecil ataupun sekarang merupakan takdir dari Allah swt yang didalamnya tersimpan rahasia yang indah dan karunia-Nya yang tak terhingga..
    kini aku telah bangkit, walaupun aq sangat setuju dengan apa yang telah disampaikan pemberi tips sebelumnya, namun aku mempunyai argumen sendiri..
    tidak ada upaya begitu keras yang aku lakukan..
    aku hanya punya MIMPI…
    MIMPI yang aku jadikan pedoman dalam hidupku..dengan adanya MIMPI aku mempunyai antusias dan gairah yang lebih dalam mengarungi kehidupan…segala sesuatunya aku tujukan tuk meraih mimpi itu, aku mulai menghindari hal-hal yang dapat menghambat tercapainya mimpiku..
    secara tidak langsung aku mulai terbiasa berkomunikasi lancar dengan orang lain, aku juga semakin khusyuk dalam beribadah kepada allah..segenap waktu, tenaga, daya dan upaya aku curahkan untuk mimpiku itu..n ternyata boleh percaya atau tidak..
    MIMPIKU TERWUJUD!!!
    aku tak hanya menjadi jawara duta wisata di suatu daerah yang notabene mengharuskan kita berbicara fasih…namun aku juga menjadi news presenter tv lokal dan sering diundang menjadi presenter di even-even yang cukup besar.
    selain itu, akupun sering menjuarai lomba debat di kampus, n yang paling mengagumkan aku lulus dengan predikat summa cumlaude..
    N sekarang aku bekerja sebagai public relation di perusahaan ternama yang notabene harus mahir berkomunikasi n berhadapan dengan publik.
    well..percayalah..”KETIKA KITA PUNYA MIMPI DAN USAHA UNTUK MERAIHNYA..TIDAK ADA YANG TIDAK MUNGKIN DI DUNIA INI…”

  64. irfan says:

    apa benar cara yg efektif air panas campur garam dpt menghilangkan gagap,, mohon konfirmasi nya teman teman

  65. INA-098984 says:

    wah…byk orang gagap ya disni, hehe mrasa senasib ya..sm sy jg gagap. wkt kecil sempat gagap bentar trus hilang. eh muncul lagi pas SMP kelas 1 cawu 2.

    berlanjut terus smpe skg, namun skg saya sdh bisa mngatasinya dgn berpikir positif dan pede aja..hehe

    salam kenal semua

  66. eko prastio says:

    klo saya gagapnya ketika lawan bicara saya saya anggap lebih berwibawa / orang penting.jdi klo bicara kpada dia saya kluar gagapnya.sehare dong pengalamannya kpda saya untuk mengatasi itu.trimakasih